Ini Penjelasan Kenapa Surat Yasin Disebut Jantungnya Al-Qur'an

Widaningsih
.
Rabu, 21 September 2022 | 07:20 WIB
Surat Yasin dikatakan jantungnya Al-Quran, sebab punya berbagai keutamaan, selain itu surat Yasin juga istimewa karena ada kandungan ayatnya yang tidak dimiliki surat lain dalam Al-Quran. (Foto: Dok. iNews)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Kenapa Surat Yasin kerap disebut sebagai jantungnya Al Qur'an oleh mayoritas umat Islam? Segala sesuatu punya inti atau jantungnya. Sehingga jantung dapat disebut sebagai inti yang menggerakkan sesuatu. Begitu pun Al-Qur'an.

Surat Yasin dikatakan jantungnya Al-Qur'an, sebab memiliki berbagai keutamaan. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam:

“Sesungguhnya segala sesuatu itu ada jantungnya, dan jantung Al-Qur’an adalah Yasin. Aku ingin surah Yasin itu ada dihati setiap umatku.” (HR. al-Bazzar).

Dalam redaksi lainnya:

“Jantung Al-Qur’an itu ialah surah Yasin. Tidaklah dibaca akan dia oleh seseorang yang menghendaki keridhaan Allah dan keselamatan di hari akhirat, melainkan Allah mengampuni akan Dosanya”. (HR. Abu Daud).

Dalam hadis ini, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menginginkan agar surat Yasin ada di dalam hati atau jantung para umat pengikutnya, artinya beliau ingin agar umat beriman digerakkan oleh isi surat Yasin. Hal ini terkait dengan banyaknya keutamaan yang dimiliki Surat Yasin.

Surat Yasin sendiri tergolong ke dalam surat-surat Makkiyah. Surat ke-38 ini memiliki 83 ayat. Surat ini menjadi surat yang istimewa karena memiliki berbagai keutamaan.

Dalam buku 'Kedahsyatan Membaca Al-Qur'an' karya Amirullah Syarbini, dijelaskan bahwa untuk menghadapi perkara hidup yang sulit kemudian dia membaca surat Yasin, maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan memberikan kelancaran dalam urusannya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini