get app
inews
Aa Read Next : Putra Ajengan Tasikmalaya Tantang Capres-Cawapres Baca Alquran

Ini Penjelasan Kenapa Surat Yasin Disebut Jantungnya Al-Qur'an

Rabu, 21 September 2022 | 07:20 WIB
header img
Surat Yasin dikatakan jantungnya Al-Quran, sebab punya berbagai keutamaan, selain itu surat Yasin juga istimewa karena ada kandungan ayatnya yang tidak dimiliki surat lain dalam Al-Quran. (Foto: Dok. iNews)

Apabila surat Yasin dibacakan pada orang yang akan meninggal dunia maka orang yang akan sakaratul maut diberikan kemudahan rohnya keluar dari alam jasadnya. Dan, jika dibacakan kepada orang yang meninggal dunia, maka orang yang meninggal dunia itu Insya Allah akan mendapat rahmat dan berkah dari-Nya.

Jika seorang sedang lapar dan kemudian membaca surah Yasin, Allah Ta'ala akan menurunkan anugerah-Nya dengan memberikan kekenyangan kepadanya. Jika seseorang sedang mengalami ketakutan, kemudian dia membaca surah Yasin, Maka Allah swt akan menghilangkan rasa kecemasan dan ketakutannya. Dan jika seseorang terlilit utang kemudian membaca surah Yasin, Insya Allah Allah akan menyelamatkan dirinya dari uatang piutangnya.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Lazimkanlah olehmu membaca surat Yasin, Maka di dalamnya ada dua puluh berkat. Jikalau yang membaca orang lapar maka ia akan dikenyangkan. Jikalau yang membaca orang telanjang (orang tak mampu membeli pakaian) maka ia akan dikaruniai pakaian. Bila ia sakit maka ia akan diberi kesembuhan”. (HR. Ali bin Abi Thalib).

Surat Yasin juga menjadi istimewa karena memiliki kandungan ayat yang tidak dimiliki surat lain. Misalnya, Surat Yasin menjelaskan berbagai peristiwa penting seperti kiamat, kebangkitan, penimbangan amal baik dan buruk, neraka hingga surga. Di dalamnya juga terdapat berbagai ajaran kebijaksanaan yang tidak dikandung di surat lain.

Meskipun Yasin tergolong sebagai surat yang tidak memiliki banyak ayat, tapi surat ini berisi berbagai penjelasan penting. Yasin menjelaskan tentang tauhid, larangan dan perintah, hukum, adab hingga penyebutan dunia dan akhirat.

Selain itu, membaca Surat Yasin juga dapat mendatangkan segudang manfaat dan khasiat bagi orang yang beriman. Selain mendapat ampunan, bagi orang yang senantiasa membaca surah Yasin juga akan mendapatkan ridho Allah Ta'ala.

Wallahu A'lam

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut