Tafsir Surat Yasin Ayat ke-36: Allah SWT Ciptakan Semua Mahkluknya Berpasang-pasangan

Miftah H. Yusufpati
.
Jum'at, 24 Desember 2021 | 08:04 WIB
Surat Yasin ayat 36 menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan makhluknya secara berpasang-pasangan. (Foto: Ist)

SURAT Yasin ayat 36 menjelaskan bahwa segala sesuatu yang telah Allah SWT ciptakan semuanya berpasang-pasangaan.

Kali ini tim iNewsBekasi akan memberikan ulasan tentang tafsir surat yasin ayat ke-36 dari rangkaian penafsiran para ulama. Yuk baca selengkapnya dibawah!

Allah SWT berfirman:

بسُبْحَٰنَ ٱلَّذِى خَلَقَ ٱلْأَزْوَٰجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنۢبِتُ ٱلْأَرْضُ وَمِنْ أَنفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui. (QS. Yasin: 36)

Tafsir al-Qurthubi menjelaskan permulaan ayat ini menggunakan redaksi subhanalladzi khalaqa yang setidaknya memiliki dua makna. 

Pertama, adalah bentuk pujian Allah atas diri-Nya, dari tingkah kaum durhaka, yakni; mereka yang menyembah selain Allah, berpaling dari tanda-tanda kekuasan-Nya, dan tidak mensyukuri nikmat-nikmat yang telah diberikan kepada mereka. 

Kedua, kata subhana memiliki makna ta’ajjub. Yakni merasa heran atas kedurhakaan kaum tersebut, padahal mereka menyaksikan tanda-tanda kekuasaan Allah akan tetapi mereka berpaling. Seharusnya, ketika menyaksikan tanda-tanda itu mereka berucap, Subhanaallah

Adapun kata al-azwaj secara umum dipahami dengan berpasang-pasangan. Konteksnya pada ayat ini, memunculkan beberapa makna yang digunakan oleh para mufassir

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini