get app
inews
Aa Read Next : Putra Ajengan Tasikmalaya Tantang Capres-Cawapres Baca Alquran

Tafsir Surat Yasin Ayat ke-36: Allah SWT Ciptakan Semua Mahkluknya Berpasang-pasangan

Jum'at, 24 Desember 2021 | 08:04 WIB
header img
Surat Yasin ayat 36 menjelaskan bahwa Allah SWT menciptakan makhluknya secara berpasang-pasangan. (Foto: Ist)

Zamakhsyari dalam Kitab Tafsir al-Khasysyaf menilai kata azwaj dengan al-ajnas/al-ashnaf yang bermakna jenis/golongan tumbuhan, bahwa Allah menciptakan tumbuhan itu dengan beragam jenis, ciri, warna, dan bentuk, untuk saling menyatukan dan memberi manfaat. 

Ini diperkuat dengan kata yang setelahnya mimma tunbitul ardh yang secara tegas menunjukkan segala sesuatu yang tumbuh di bumi, seperti; buah, tanaman, dan tumbuhan yang lain. 

Disisi lain, kata azwaj juga memiliki makna berpasangan antara betina-jantan, pria-wanita, apabila disandingkan dengan kata min anfusihim. Pendapat ini dipakai oleh Ibnu Kathir, Thabari, Zamaksyari, Qurthubi, dan Zuhaili. 

Lebih luas lagi, Tim penulis Tafsir al-Muntakhab sebagaimana yang dikutip oleh Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Misbah, mengatakan bahwa kata “min” dalam ayat ini berfungsi sebagai penjelas. Bahwa Allah telah mencipatkan pejantan dan betina pada semua makhluk cipataan-Nya, baik itu tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia ataupun makhluk hidup lain yang tak kasat mata (seperti jin) dan yang belum diketahui oleh manusia (wa mimma la ya’lamun). 

Menurut Quraish, pendapat ini sejalan dengan makna kebahasaan serta kenyataan ilmiah pada saat ini. Dari segi bahasa, kata azwaj menurut pakar bahasa al-Qur’an ar-Raghib al-Ashfahani, digunakan untuk menunjukan dua hal, yakni; yang berpasangan dan bersamaan. Misalnya, yang berpasangan seperti betina-pejantan, pria-wanita.

Di saat yang sama dia juga berfungsi menunjukkan pada sesuatu yang sama misalnya “alas kaki”, namun hal yang sama ini bisa diakibatkan karena “kesamaan” atau karena “bertolak belakang”. 

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut