get app
inews
Aa
Read Next : Ini Deretan Kota dengan Harga Kos Termurah, Cocok untuk Calon Mahasiswa yang Bakal Merantau

7 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia 2022, Nomor 1 Seporsi Makan Rp5 Ribu

Sabtu, 24 September 2022 | 11:54 WIB
header img
7 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia 2022, Nomor 1 Seporsi Makan Rp5 Ribu.(celebrities.id/Instagram: @jogjascenery)

3. Cirebon

Cirebon juga merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki biaya hidup murah. Harga kebutuhan pokok seperti makanan, kebutuhan rumah, tempat tinggal, hingga transportasi di Cirebon relatif terjangkau. 

Untuk hidup di kota ini, Anda hanya perlu mengalokasikan budget berkisar Rp1,5-2 juta per bulan jika masih sendiri. Jika sudah berkeluarga,  Anda bisa menyesuaikan kebutuhannya dengan jumlah anggota keluarga.

2. Banyuwangi

Tak hanya menawarkan destinasi wisata yang ciamik, Banyuwangi juga menjadi salah satu kota dengan biaya hidup yang murah menurut hasil laporan survey BPS Indonesia. 
Tak butuh banyak biaya, Anda bisa hidup di sana hanya dengan Rp3,3 juta saja per bulan. Biaya ini sudah termasuk biaya bersama anggota keluarga sebanyak 4 orang. 

Namun, jika Anda masih sendiri, biaya hidup yang dibutuhkan hanya sekitar Rp1 juta-Rp1,5 juta per bulan. Bahkan, bisa saja lebih rendah yakni sekitar Rp800 per bulan.
1. Solo

Kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia 2022 berikutnya adalah Solo. Upah Minimum Kota (UMK) di Solo tahun 2022 adalah sebesar Rp2.035.720. Tak heran jika biaya hidup di kota ini sangat terjangkau. Seperti halnya Yogyakarta, Solo juga memiliki universitas yang menjadi tujuan para pelajar dalam melanjutkan pendidikan.

Biaya hidup di Solo bisa dikatakan terjangkau bagi kantong pelajar. Hanya dengan Rp5.000, Anda sudah bisa mendapatkan satu porsi makanan di warung makan. Biaya transportasi umumnya pun relatif terjangkau yakni berkisar Rp3.000-Rp15.000 saja.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut