Logo Network
Network

Ini Deretan Kota dengan Harga Kos Termurah, Cocok untuk Calon Mahasiswa yang Bakal Merantau

Iqbal Widiarko
.
Jum'at, 03 Juni 2022 | 20:25 WIB
Ini Deretan Kota dengan Harga Kos Termurah, Cocok untuk Calon Mahasiswa yang Bakal Merantau
Kota dengan harga kos termurah bisa menjadi referensi mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliat. (celebrities.id/Instagram: @jogjascenery)

JAKARTA, iNews.id - Kota dengan harga termurah bakal dibahas dalam artikel ini. Pasalnya, hal ini pun menjadi incaran bagi para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan kuliahnya di suatu kota.

Biasanya, biaya hidup mahasiswa relatif dan berbeda-beda setiap individu. Akan tetapi, beberapa kota di Indonesia dikenal murah karena rata-rata biaya yang dihabiskan per harinya murah untuk kebutuhan utama.

Biaya hidup murah tentu banyak menarik minat siapa pun untuk menetap di suatu kota. Terlebih, jika kota-kota termurah itu justru menyediakan berbagai destinasi wisata yang sama murahnya. Walaupun biaya hidup murah tetap bisa menikmati hidup nyaman dan menabung. Biaya bahan pangan, transportasi, makanan, hingga sewa kos yang murah bisa membantu kamu untuk mengalokasikan uang saku ke keperluan kuliah dan kebutuhan lain.

Dilansir dari berbagai sumber via celebrities.id, berikut enam kota dengan harga kos termurah:

1. Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota yang terkenal dengan sebutan kota pelajar dan wisata. Kota ini memang menjadi pilihan terutama bagi para mahasiswa untuk tinggal dan hidup di jadi anak kos. Untuk biaya hidup di sini, hanya menghabiskan uang sekitar Rp1,5 juta.

Biaya kost hanya berkisar antara Rp300 hingga Rp700 ribu per bulan. Untuk biaya makan pun, masih bisa dibilang sangat terjangkau. Hanya dengan Rp5 ribu saja, sudah bisa mendapat seporsi makanan.

2. Solo

UMK Solo 2022 ditetapkan dalam daftar UMK 2022 Jawa Tengah dengan besaran UMK Kota Surakarta yakni Rp2.035.720,17. Solo terkenal akan tempat wisata dan biaya hidupnya yang murah. Transportasi umum di Solo juga hanya dipatok seharga Rp3 ribu sampai Rp15 ribu saja.

Di Solo juga ada fasilitas bus Trans Solo. Bagi para mahasiswa, tentunya fasilitas dan biaya hidup di Solo sangat bersahabat. Sebab, biaya hidup di Solo tak berbeda jauh dengan Yogyakarta.

3. Cirebon

Cirebon adalah salah satu kota dengan biaya termurah buat mahasiswa di Jawa Barat. Biaya hidup di Cirebon berkisar Rp1,5 juta - Rp2 juta, sudah termasuk sewa kamar, uang makan, serta transportasi.

Biaya kos di Cirebon untuk mahasiswa berkisar Rp500 ribu hingga Rp800 ribu Adapun biaya makan sekitar Rp200 ribu - Rp250 ribu per minggu.

Beberapa kampus di Cirebon juga menjadi pilihan diantaranya ada Universitas Swadaya Gunung Djati, Universitas 17 Agustus 1945, Universitas Muhammadiyah Cirebon dan Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini