get app
inews
Aa Read Next : 7 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia 2022, Nomor 1 Seporsi Makan Rp5 Ribu

Ini Deretan Kota dengan Harga Kos Termurah, Cocok untuk Calon Mahasiswa yang Bakal Merantau

Jum'at, 03 Juni 2022 | 20:25 WIB
header img
Kota dengan harga kos termurah bisa menjadi referensi mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliat. (celebrities.id/Instagram: @jogjascenery)

4. Banyuwangi

Banyuwangi juga termasuk dalam deretan kota dengan biaya kos murah. Hidup di Banyuwangi, Jawa Timur, para mahasiswa hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp1 sampai Rp1,5 juta per bulan untuk biaya hidup.

Bahkan, jika kamu beruntung bisa lebih murah lagi atau sekitar Rp800 ribu per bulan, hal yang tidak mungkin terjadi di kota besar seperti ibu kota.

5. Purwokerto

Para mahasiswa yang sedang menimba ilmu di sini, tak perlu sampai merogoh kocek dalam-dalam untuk biaya uang sewa kos. Selain biaya hidup rendah, kota ini juga kerap jadi tujuan para turis karena kekayaan wisata alamnya.

Di sini terdapat beberapa universitas negeri dan swasta favorit yang menjadi pilihan seperti Universitas Jenderal Soedirman dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Kisaran biaya tersebut mulai dari Rp300 ribu per bulan untuk kos biasa hingga Rp1 juta per bulannya untuk kelas menengah keatas dan tentunya dengan fasilitas yang berbeda pula.

6. Metro

Kota Metro terletak di dekat kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Salah satu kota dengan biaya termurah di Indonesia ini memiliki biaya sewa kamar rata-rata Rp4 juta per tahun atau sekitar Rp350 ribu per bulan.

Biaya makan di Metro per bulan berkisar Rp600 ribu - Rp800 ribu sehingga total biaya hidup di Metro diestimasi kurang dari Rp1,5 juta. Beberapa kampus yang berlokasi di Metro yang bisa dijadikan kampus pilihan mahasiswa diantaranya yakni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Universitas Muhammadiyah Metro, STKIP PGRI Metro, dan Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIM NU) Metro Lampung.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut