get app
inews
Aa Read Next : Kisah Roland Seorang Mualaf di Cikarang yang Ingin Bangun Masjid sejak 5 Tahun Silam

Begini Respons Jenderal M Jusuf Saat Namanya Ingin Diabadikan Jadi Nama Masjid 

Jum'at, 26 November 2021 | 14:16 WIB
header img
Jenderal M Jusuf mantan Menhankam dan Panglima ABRI pernah menolak ketika namanya akan diabadikan menjadi nama masjid yang kini menjadi Masjid Al Markaz Al Islami (Foto: Ist)

Nama itu berarti Masjid Pusat Islam atau Masjid Islamic Center. Nama tersebut dipertahankan sampai sang pendirinya wafat. Setelah itu barulah dinamai Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M Jusuf.

Masjid Al Markaz Makassar merupakan baitullah yang dibangun seorang Jenderal TNI di era Soeharto. Rumah ibadah megah ini ternyata terinsipirasi Masjidil Haram Mekkah dan Masjid Nabawi Madinah. Masjid monumental tersebut berdiri kokoh sebagai pusat peradaban dan pengkajian Islam serta mencerminkan kebanggaan dan identitas masyarakat Sulawesi Selatan yang agamis. 

Bangunan rumah ibadah ini dirancang oleh arsitek yang telah menggawangi pembuatan berbagai masjid besar, Ir Ahmad Nu'man. Arsitekturnya terinspirasi dua masjid besar di Tanah Arab Saudi itu. Meski begitu, bentuk masjid tidak melupakan unsur arsitektur khas Sulawesi Selatan. 

Hal ini terlihat dari atap berbentuk kuncup segi empat yang mengambil ilham dari Masjid Katangka, Gowa masjid tertua di Sulawesi Selatan dan rumah Bugis-Makassar.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut