get app
inews
Aa Read Next : Gegara Cemburu, Seorang Wanita di Sukabumi Babak Belur Dikeroyok 9 Pria

Medical Check Up Sangat Penting Dilakukan untuk Kaum Wanita

Sabtu, 27 November 2021 | 20:12 WIB
header img
Medical Check Up di kalangan kaum wanita untuk melakukan pemeriksaan secara berkala masih dapat dikatakan rendah. (Foto: Ist)

"Termasuk mengenali kembali metode SADARI, yaitu periksa payudara sendiri, USG perut, dan pemeriksaan lain seperti mammografi bagi wanita diatas 40 tahun atau yang mempunyai faktor risiko tinggi seperti riwayat keluarga dengan kanker payudara atau ovarium," imbuh Monika, dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi yang berpraktek tetap di Siloam Hospitals Bekasi Sepanjang Jaya ini. 

Adapun pemeriksaan pada medical check up bagi wanita yang sudah menikah hampir sama dengan pemeriksaan pada wanita yang belum menikah. "Hanya saja dapat dilengkapi dengan papsmear dan pemeriksaan penyakit infeksi menular seksual." ungkap Monika, yang berpraktek tetap setiap harinya di Rumah Sakit yang berlokasi di jalan Pramuka no.12 Sepanjang Jaya Kota Bekasi ini. 

Medical check up Pasca Menopause 

Menopause adalah bagian alami dari penuaan yang biasanya terjadi pada kaum wanita di antara usia 45 dan 55 tahun, tapi juga dapat diakibatkan oleh operasi pengangkatan ovarium atau rahim (histerektomi). 

Di Indonesia, usia rata-rata menopause adalah 51 tahun. Dalam sesi edukasi tanya jawab, dokter Monika turut menekankan bahwa pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh tetap dilakukan secara berkala pada kelompok ini dengan melakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan kepadatan tulang, papsmear dan beberapa pemeriksaan lain tergantung dari kondisi pasien. 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut