get app
inews
Aa Read Next : Polisi Perlihatkan Maling Motor Berpistol yang Sempat Dikepung Warga Pondok Gede

Kulit Gatal-Gatal Usai Terkena Air Hujan? Coba 5 Tips Ini Untuk Mengatasinya

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 22:04 WIB
header img
Ilustrasi hujan. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Turunnya hujan kerap kali menimbulkan berbagai jenis penyakit. Tak hanya flu, batuk dan demam, tetapi juga alergi yang tidak bisa dianggap sepele. Salah satunya yaitu alergi air hujan atau aquagenic urticaria.

Dikutip dari Healthline, aquagenic urticaria adalah salah satu bentuk alergi air hujan dan merupakan termasuk alergi langka. Alergi air hujan ini dapat menyebabkan ruam, gatal, dan nyeri pada kulit.

Selain menghindari air hujan sebagai faktor pemicu, pengobatan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi gatal di kulit akibat alergi air hujan? Dihimpun dari Healthline dan Dermnetnz, Jumat (7/10/2022) berikut lima langkah pengobatan yang bisa dilakukan.

1. Mandi

Mandi jadi solusi pertama yang harus dilakukan saat telah terpapar air hujan. Dengan mandi, Anda bisa membersihkan tubuh dari atas kepala hingga ujung kaki dari kotoran dan alergen yang ada dari air hujan atau air genangan.

2. Minum Air

Hidrasi tubuh dengan meminum air mineral, pastikan jangan minum air dari sumber alergi agar alergi tidak semakin parah ya!

3. Menghindari Penyebab Alergi

Tidak hanya air hujan, orang dengan alergi aquagenic urticaria bisa bereaksi terhadap air jenis apa pun, termasuk keringat dan air matanya sendiri loh!

Maka dari itu sebagai tindakan pencegahan, usahakan tinggal di dalam rumah atau di dalam ruangan saat sedang hujan dan menghindari aktivitas yang menyebabkan keringat.

Editor : Aditya Nur Kahfi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut