Logo Network
Network

Mumi Berusia 800 Tahun dengan Tubuh Terikat Ditemukan di Peru

Yudi Setyowibowo
.
Rabu, 01 Desember 2021 | 13:58 WIB
Mumi Berusia 800 Tahun dengan Tubuh Terikat Ditemukan di Peru
Mumi berusia 800 tahun dengan tubuh terikat ditemukan tim arkeolog di pantai tengah Peru beberapa waktu lalu. Foto/Dok/Ist

LIMA,iNews.id - Mumi berusia 800 tahun dengan tubuh terikat ditemukan tim arkeolog di pantai tengah Peru beberapa waktu lalu.

Mumi itu ditemukan bersama sisa-sisa kebudayaan pra-Inca di pegunungan dan pantai negara Amerika Selatan.

Jenis kelamin orang tersebut belum diidentifikasi tetapi mayatnya dikatakan berasal dari sebelum berdirinya Kekaisaran Inca pada abad kelima belas. Para arkeolog memperkirakan usia mumi tersebut antara 800 dan 1.200 tahun.


“Ciri khas utama mumi ini adalah bahwa seluruh tubuh diikat dengan tali dan dengan tangan menutupi wajah, yang akan menjadi bagian dari pola pemakaman lokal," kata  Arkeolog dari Universitas San Marcos, Pieter Van Dalen Luna mengungkapkan pada pekan lalu seperti melansir  Express, Rabu (1/12/2021).

Para arkeolog mengatakan mumi itu kemungkinan berasal dari wilayah pegunungan Andes di Peru. Sisa-sisa mumi itu digali dari makam bawah tanah bersama dengan berbagai persembahan, termasuk pot keramik, sisa-sisa sayuran, dan peralatan batu. 

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.