get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati Bekasi Tandatangani Perbup Beasiswa untuk Siswa Miskin Berprestasi

7 Cara Atasi Batuk Tengah Malam Agar Istirahat Cukup dan Tidur Lebih Cepat

Minggu, 23 Oktober 2022 | 17:28 WIB
header img
7 Cara Atasi Batuk Tengah Malam Agar Istirahat Cukup dan Tidur Lebih Cepat. Foto : Istimewa

JEMBRANA, iNewsBekasi.id - 7 Cara atasi batuk tengah malam agar istirahat cukup dan tidur lebih cepat. Kondisi batuk yang memburuk saat malam hari tentunya sangat meresahkan sekaligus berdampak pada kualitas tidur. 

Terdapat beberapa alasan mengapa batuk lebih sering terjadi pada malam hari. Saat tidur atau berbaring, lendir pada tubuh secara otomatis mulai menumpuk di dalam. Jadi, tidur dengan bantal sebagai penyangga dapat membantu mencegah lendir itu menumpuk di tenggorokan.

Tak hanya itu, jika batuk akibat peradangan atau infeksi saluran napas bisa menjadi intens dan mengganggu di malam hari. Sehingga, menyebabkan susah tidur dan istirahat. 

7 Cara Atasi Batuk Tengah Malam Agar Istirahat Cukup dan Tidur Lebih Cepat

1. Menggunakan Humidifier

Humidifier atau alat pelembap udara yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara berfungsi untuk menjaga udara agar tetap lembab dan tidak kering.

Selain itu, menggunakan humidifier di dalam kamar juga membantu memperbaiki kualitas udara sekaligus menangkal debu dan iritan yang membuat batuk.

2. Minum Air atau Teh Hangat Sebelum Tidur

Minum air hangat sebelum tidur dapat membantu melonggarkan lendir di saluran udara dan meredakan batuk malam hari. Banyak jenis minuman hangat yang memiliki kandungan anti-inflamasi atau mencegah peradangan.

Misalnya, teh herbal yang mengandung jahe dan chamomile. Selain itu, teh panas yang ditambahkan madu juga dapat digunakan sebagai obat batuk alami untuk menenangkan tenggorokan, mengurangi iritasi, dan membersihkan lendir dari saluran udara.  

3. Mandi Air Hangat atau Berendam Air Hangat Sebelum Tidur

Mandi atau berendam air hangat sebelum tidur dapat membantu melembabkan saluran udara dan meredakan batuk karena saluran napas yang kering dapat memperburuk batuk di malam hari.

Namun, jika batuk yang disebabkan oleh asma, tidak disarankan menggunakan cara ini karena uap yang terhirup saat mandi air hangat justru dapat memperburuk gejala asma.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut