get app
inews
Aa
Read Next : Urus 11.000 Puskesmas Terpencil Dilengkapi Internet, Menkes Budi G Sadikin Temui CEO Tesla Elon Musk

Menkes RI Ungkap Penyebab Gagal Ginjal Akut Anak di Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 14:06 WIB
header img
Menkes RI Ungkap Penyebab Gagal Ginjal Akut Anak di Indonesia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBekasi.id -  Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan penyebab dari gagal ginjal akut misterius pada anak di Indonesia.

"Penyebabnya kita sudah hampir kemungkinan besar ya, kemungkinannya tinggi sekali itu disebabkan oleh obat (sirup)," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Gelora Bung Karno, pada Minggu (30/10/2022).

Dikatakatan Budi terlihat dari dampak pemberhentian obat sirup saat ini. Hal itu berdampak, pada jumlah pasien yang masuk Rumah Sakit menurun sekitar 95 persen.

Tak hanya itu, ditambah dari hasil penelusuran yang dilakukan Kementerian Kesehatan, ditemukan obat, setelah pemeriksaan mengandung bahan berbahaya (cemaran etilen glikol).

"Kenapa kita lihat demikian? Karena begitu obat itu diberhentikan itu turunnya lebih dari 95 persen yg masuk ke rumah sakit. Dan obat-obat kita cari di rumah- rumah yang sakit memang, setelah kita periksa memang ada unsur kimia yang berbahaya," jelasnya

"Tenaga Kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk sementara tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk sediaan cair atau syrup sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sebagai alternatif dapat gunakan tablet, kapsul, psotitoria atau lainnya," kata Kemenkes dalam keterangannya diterima MNC Portal, pada Rabu (19/10/2022)

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut