get app
inews
Aa Read Next : Jakarta Banjir dan Macet Total, Sahroni Sentil Pj Gubernur DKI Heru Budi

Deretan Kota Terkaya di Indonesia, Ada Bekasi?

Rabu, 02 November 2022 | 08:00 WIB
header img
Kota Terkaya di Indonesia. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Kota terkaya di Indonesia banyak membuat nasyakat Indonesia dan pelajar bertanya-tanya.

Apakah Mimika di Papua yang menjadi tambang emas terbesar atau Jakarta sebagai pusat ekonomi Indonesia. Atau mungkin Bekasi atau Cikarang dengan UMR mereka yang terbesar di Indonesia.

Lalu, siapa saja kota terkaya di Indonesia? Tentunya yang kami sebutkan berdasarkan perhitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten dan Kota di Indonesia yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan telah mengikuti standar Sistem Neraca Nasional tahun 2008 yang dipublikasikan PBB.

Kota Terkaya di Indonesia

Melansir dari berbagai sumber. BPS menghitung tingkat kemakmuran suatu kota atau wilayah dengan melihat PDRB-nya. Cara menghitung PDRB per kapita adalah menjumlah pendapatan dibagi dengan total penduduk masing-masing daerah dalam kurun waktu satu tahun. Berdasarkan perhitungan PDRB oleh BPS, berikut adalah daftar kota terkaya di Indonesia:

1. Kediri

Berada di posisi puncak, Kediri merupakan kota di Jawa Timur. Di sana terdapat PT Gudang Garam Tbk yang telah berdiri sejak tahun 1958 di Kediri. Tidak heran kota ini menjadi kontributor Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di Indonesia berkat adanya industri tembakau.

Selain itu, industri tembakau juga masuk kategori sektor unggulan dan menjadi alasan mengapa Kediri tercatat sebagai kota terkaya di tanah air.

2. Bontang

Kota terkaya di Indonesia selanjutnya adalah Bontang yang menduduki peringkat kedua. Terletak di provinsi Kalimantan Timur dan menjadi wilayah yang berorientasi pada perdagangan, industri, dan jasa. Jumlah PDRB per kapita kota Bontang mencapai Rp312,14 juta dan menjadikannya kota terkaya setelah Kediri.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut