get app
inews
Aa Read Next : Cukur Vietnam 3-0, Timnas Indonesia Jaga Peluang ke Piala Dunia

Daftar Drama Korea yang Menghina Negara Lain, Nomor 3 Bikin Penonton Indonesia Murka!

Kamis, 03 November 2022 | 07:31 WIB
header img
Drama Korea yang Menghina Negara Lain. Foto: iNewsBekasi.id/SBS

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Drama Korea yang menghina negara lain bakal dibahas dalam artikel ini. Diketahui, para sineas drama Korea kerap dianggap tak sensitif pada budaya di negara lain. Hal itu pun bisa diketahui lewat dialog hingga adegan di dalamnya.

Tak sedikit komentar yang tak menyenangkan tersebut diperuntukkan sebuah    negara  tertentu. Sehingga terdapat juga rasisme sampai banyak stereotip dari sejumlah drakor.

Lantas, apa saja daftar drama Korea yang menghina negara lain? Berikut informasinya yang iNewsBekasi.id himpun dari berbagai sumber.

Drama Korea yang Menghina Negara Lain

1. What's Wrong with Secretary Kim (2018)

Drama Korea yang menghina negara lain di urutan pertama ada What's Wrong with Secretary Kim. Pasalnya, drama komedi romantis besutan tvN dengan rating tinggi ini menyinggung India.

Di mana pada salah satu episodenya, karakter presiden perusahaan mengancam para karyawan jika tak dapat bekerja dengan baik, bakal dipindahkan ke India.

Hal itu pun seperti memperlihatkan stereotipe hidup di India kurang asyik dam menjadi hukuman apabila mereka tinggal di negara tersebut.

2. Modern Farmer (2014)

Modern Farmer merupakan drama Korea yang rilis di SBS. Di mana drama Korea yang menghina negara lain ini mengisahkan empat member band yang pindah ke desa. Nah, ternyata ada pernyataan seorang ibu yang menjelekkan para wanita di Vietnam di sebuah dialog.

Sang Ibu menuturkan pada anaknya yang tukang minum miras "Dengan kebiasaan buruk itu, kalau kau pindah ke Vietnam, tetap tak akan bisa menikah". Kalimat itu pun seolah merendahkan wanita vietnam, yang mana mereka seperti perempuan yang mudah untuk diajak nikah.

Tak sedikit mahasiswa vietnam yang ada di Korsel, bahkan  mereka sering dianggap komoditas. Parahnya lagi, di Bulan April 2021, Pemkot Mungyeong, Provinsi North Gyeongsang, bikin program guna mendorong pernikahan para pria lajang yang sudah tua dengan mahasiswa vietnam yang lagi kuliah di sana.

Hal itu pun menuai protes, para mahasiswa Vietnam di Korea Selatan langsung melapor ke Korea Women Migrants Human Rights Center dan Gong Gam Human Rights Law Foundation. Kebijakan itu pun dianggap sebagai tindakan rasis dan seksis.

3. Racket Boys (2021)

Tentu Anda mengenal drama berlatar duna badminton dengan bumbu kisah romantis ini yang sempat viral di Tanah Air. Di mana pada salah satu episodenya, para karakter diceritakan bermain di turnamen badminton yang digelar di Jakarta, Indonesia.

Hal yang membuat penonton kesal yakni mereka menuturkan penyelanggara di Indonesia berlaku tak adil karena memberikan mereka penginapan yang tak nyaman. Selain itu, mereka bahkan diperlakukan kurang baik ketika mau latihan. Ditambah, penonton Indonesia menghina atlet Korea yang sukses memenangkan kejuaraan.

Bagi mereka yang kerap menonton pertandingan bulu tangkis di Senayan menilai gambaran di Racket Boys jelas tak sesuai dengan realita atau sebenarnya.

Adegan itu pun lantas membuat citra Indonesia di bidang badminton dunia rusak dan dianggap menghina Tanah Air. SBS selaku penayang drama tersebut langsung meminta maaf. Namun, hal itu teryata disampaikan melalui balasan di kolom komentar. Sehingga permintaan tersebut dianggap cuma setengah hati dan menganggap remeh penonton di Tanah Air.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut