get app
inews
Aa Read Next : Cukur Vietnam 3-0, Timnas Indonesia Jaga Peluang ke Piala Dunia

Daftar Drama Korea yang Menghina Negara Lain, Nomor 3 Bikin Penonton Indonesia Murka!

Kamis, 03 November 2022 | 07:31 WIB
header img
Drama Korea yang Menghina Negara Lain. Foto: iNewsBekasi.id/SBS

4. Backstreet Rookie (2020)

Masih dengan drama SBS, Backstreet Rookie pada perdananya telah menuai kontroversi lewat penggambaran adegan sensual yagn tak sesuai dengan rating usia penontonnya. Tak hanya itu, ada pula penggambaran karakter Han Dal-sik (Eum Moon-suk), seorang penulis webtoon sekaligus sahabat tokoh utama.

Di mana Dal-sik berpenampilan ala penyanyi reggae dengan gaya rambut gimbal. Stereotipe rambut gimbal yang jorok digambarkan ketika dia menangkap lalat yang berasal dari rambutnya tersebut.

Selain itu, ada salah satu adegan yang mengundang kontroversi, yaitu ketika Dal-sik berjumpa dengan seorang pria kulit hitam yang mengatakan dirinya merupakan orang Nigeria, sehingga hal itu langsung dijawab Dal-sik dengan menyebut jika mereka ialah keluarga Jamaika.

Seperti yang kita tahu, Nigeria dan Jamaika adalah negara yang berbeda. Jamaika berada di Amerika Utara, sedangkan Nigera ada di Afrika Barat. Hal ini pun memperlihatkan bahwa tim penulis tidak paham geografi serta melakukan riset lebih dalam, yang mana mereka cuma menengok warna kulit yang tampak mirip.

5. The Penthouse 3 (2021)

Drama Korea yang menghina negara lain berikutnya ada The Penthouse season 3. Pada drama ini hadir karakter baru bernama Alex Lee/Logan Lee yang diperankan Park Eun-seok.

Sang karakter utama digambarkan berbicara layaknya orang kulit hitam, lengkap dengan tato di seluruh badannya hingga tatanan rambut dreadlockk (gimbal).

Dreadlock merupakan gaya rambut yang identik dengan ras kulit hitam dan sempat menjadi tren dunia. Akan tetapi, gaya rambut ini pada beberapa tahun lulu malah bikin orang kulit hitam didiskriminasi. Hal itu lantaran rambut gimbal dianggap kotor serta dekat dengan hidup orang urakan

Hal ini lantas jadi bumerang ketika hiphop dan rap terkenal di kalangan kulit putih dan dunia. Sehingga mereka lantas meniru gaya rambut itu. Nah, ini membuat warga kulit hitam merasa budayanya dirampas orang-orang yang sebelumnya menghina mereka, sampai akhirnya muncul istilah cultural appropriation.

Penggambaran tokoh Logan Lee di drama Korea ini dirasakan para penonton. Ditambah lagi, karakter itu merupakan antagonis yang suka mengancam orang lain. Yang mana bikin stereotipe buruk orang kulit hitam kian menonjol.

Karena kritikan itu, Eun-seok dan SBS langsung meminta maaf “Kami tidak bermaksud mengejek ras atau budaya tertentu.”

6. Crash Landing on You (2019)

Crash Landing on You merupakan drakor yang pernah menduduki peringkat serial rating ke-3 tertinggi. Hal itu dapat diketahui dari kisahnya yang menceritakan konglomerat dari Korsel bernama Yoon Se-ri saat terdampar di Korut akibat kecelakaan. Sampai pada akhirnya dia jumpa dengan Ri Jeong-hyeok, seorang anggota militer Korea Utara serta jatuh cinta kepada perempuan tersebut.

Crash landing on You lantas menunjukkan bahwa Korea Utara dikenal menjadi negara yang tertutup. Walau bagi sebagian orang hal itu dianggap tepat namun penggambaran itu pun ternyata dianggap menjelekkan Korea Utara.

Itulah deretan drama Korea yang menghina negara lain. Nah, Anda pernah menonton drakor yang mana, nih?

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut