get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses William Tanuwijaya, Selami Jejak Perjalanan Pendiri Tokopedia

GoTo Dikabarkan akan PHK Lebih dari 1.000 Karyawan, Kenapa?

Minggu, 13 November 2022 | 10:02 WIB
header img
GoTo Dikabarkan akan PHK Lebih dari 1.000 Karyawan. Foto: GOTO

JAKARTA, iNewsBekasi.id - GoTo Group dikabarkan akan memangkas lebih dari 1.000 karyawannya. Ini pun dilakukan demi memangkas biaya dan menopang keuangannya.

Demikian berdasarkan sumber dari Bloomberg, yang ditulis pada Minggu (13/11/2022). PHK ini setara dengan lebih dari 10% tenaga kerja perusahaan teknologi raksasa tersebut.

Sumber yang minta tidak disebutkan namanya ini mengaku, pengurangan tersebut akan berdampak pada semua divisi. Eksekutif GoTo mengatakan, mereka mencoba menyeimbangkan pengeluaran untuk pertumbuhan dengan upayanya mencapai profitabilitas.

Menurut sumber tersebut, perusahaan yang berbasis di Jakarta, beroperasi di Singapura dan Vitenam ini kemungkinan bakal mengumumkan pemangkasan karyawan tersebut dalam beberapa minggu mendatang.

"Ukuran pengurangan karyawan dapat berubah," ujar sumber itu.

GoTo memulai rencana PHK saat bersiap merilis laporan kuartalan pada 21 November. Pada Agustus lalu, GoTo melaporkan kerugian penyesuaian kuartal II sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi yang melebar menjadi Rp4,14 triliun (USD264 juta) dari kerugian sebesar Rp3,9 triliun pada periode yang sama sebelumnya.

GoTo memiliki 9.630 karyawan tetap pada akhir Juni, berdasarkan laporan keuangan kuartalan. Namun tidak mengungkapkan jumlah staf tidak tetap. Diakui sumber, perusahaan mempunyai 455 karyawan tidak tetap pada akhir 2021, jumlah yang tidak banyak berubah sejak itu.

GoTo, hasil merger antara Tokopedia dan Gojek ini go public pada April lalu dan menjadi salah satu IPO terbesar 2022. Sahamnya telah kehilangan sekira 40% sejak saat itu.

GoTo mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan pemiliknya untuk penjualan terkontrol saham mereka. Upaya tersebut dilakukan untuk menghindari potensi penurunan saham ketika periode lock up berakhir pada 30 November 2022.

GoTo menambah daftar raksasa teknologi yang memangkas karyawannya. Belum lama ini induk Facebook, Meta hingga Apple Inc. juga melakukan hal yang sama setelah bertahun-tahun ekspansi dan harus menyerah pada penurunan ekonomi global.

Artikel ini telah terbit di IDXChannel dengan judul "GoTo Dikabarkan Bakal PHK Lebih dari 1.000 Karyawan".

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut