get app
inews
Aa Read Next : Cara Cicil Handphone di Shopee Tanpa DP, Mudah dan Cepat!

Tekan Kerugian, Induk Shopee Telah PHK 7 Ribu Karyawan

Selasa, 15 November 2022 | 16:28 WIB
header img
Tekan Kerugian, Induk Shopee Telah PHK 7 Ribu Karyawan. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Sea Limited, raksasa teknologi yang menaungi Shopee, SeaMoney dan Garena, melakukan PHK pada 7 ribu karyawan atau setara dengan 10 persen dari total semua pegawai perusahaan.

Di mana perusahaan itu sedang berjuang membendung kerugian yang membengkak danmemenangkan kembali investor, menurut seseorang yang mengetahui masalah itu dilansir Bloomberg pada Selasa (15/11/2022).

Ada 100 posisi di bagian e-commerce Shopee yang terkena dampak PHK dan mereka yang mengalami pemutusan kerja mulai menerima pemberitahuan pada Senin pekan ini. 

Keputusan PHK terbaru ini adalah bagian dari gelombang pemutusan kerja yang terjadi sejak enam bulan lalu, atau lebih tepatnya sejak Juni 2022. 

Sea Ltd telah kehilangan hampir 90% nilai sahamnya di mana puncaknya pada 2021. 

Penurunan saham secara drastis tersebut terjadi karena dampak dari kenaikan suku bunga akibat inflasi dan persaingan yang semakin ketat. 

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Sea Ltd. telah melakukan PHK, menutup operasional e-commerce di beberapa pasar Eropa dan Amerika Latin, serta mengurangi anggaran pengeluaran perusahaan.

Sea Ltd. akan melaporkan hasil laba kuartal pada Selasa pekan ini. Analis memprediksi Sea Ltd. telah mengalami kerugian yang membengkak dan pertumbuhan pendapatan year-to-year, atau paling lambat sejak 2017.

Berdasarkan sumber yang namanya tidak ingin disebutkan, keputusan PHK yang baru dilakukan mencakup bagian rekrutmen, manajemen hubungan karyawan, pelatihan dan fungsi Sumber Daya Manusia (SDM) lainnya di Singapura dan China.

Staf perusahaan yang terkena dampak PHK mencakup bagian yang mendukung perekrutan dan pelatihan di Shopee, layanan keuangan digital SeaMoney, dan pengawas produk pembayaran ShopeePay. 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut