get app
inews
Aa Read Next : PLN Icon Plus SBU Regional Jawa Bagian Barat Sambut Rombongan EV Journey Jakarta-Mandalika

Kia Kembali Recall Lebih 27 Ribu Mobil Niro Hybrid, Ini Masalahnya

Sabtu, 19 November 2022 | 09:14 WIB
header img
Kia Kembali Recall Lebih 27 Ribu Mobil Niro Hybrid. Foto: ANTARA/Ho

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Kia melakukan recall (penarikan) lebih dari 27 ribu unit mobil Niro Hybrid tahun produksi 2017 dan 2018. Hal ini menjadi kedua kalinya model itu ditarik usai penarikan pertama tak diperbaiki dengan benar.

Komponen yang diperbaiki adalah powertrain hybrid yang berisiko menyebabkan kebakaran jika gagal beroperasi. Konsumen yang sudah melakukan perbaikan pada 2018, harus membawa kembali mobil mereka ke dealer Kia guna diperiksa dan kemungkinan perbaikan lainnya.

Dikutip dari Consumerreports, produsen mobil asa Korea Selatan itu mulai menyelidiki masalah tersebut setelah laporan kendaraan yang diperbaiki terbakar. Ditemukan dalam beberapa kasus, dealer tidak benar-benar memperbaiki masalah meski pemilik mobil melaporkannya.

Pada Juni 2022, Kia mengetahui tentang laporan dealer terkait keluhan bau terbakar pada Niro Hybrid 2017. Dealer menemukan Power Relay Assembly (PRA) telah meleleh, namun kendaraan tersebut telah diperbaiki berdasarkan penarikan sebelumnya.

Kemudian datang keluhan lain yang mengatakan Kia Niro Hybrid 2017 tidak mau hidup karena PRA-nya meleleh padahal sebelumnya kendaraan sudah diperbaiki. Kia mengatakan telah menentukan suku cadang yang salah telah dipasang.

Kia mengatakan kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) bahwa pihaknya menerima laporan setidaknya lima kebakaran kecil yang terkait dengan masalah ini.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut