10 Keutamaan Datang ke Masjid untuk Sholat Berjamaah, Termasuk Disiapkan Surga

Kiki Oktaliani, Jurnalis
.
Jum'at, 25 November 2022 | 09:37 WIB
Ilustrasi sholat berjamaah. Keutamaan Datang ke Masjid untuk Sholat Berjamaah. (Foto: Antara)

iNewsBekasi.id - Kutamaan datang ke masjid untuk sholat berjamaah akan dijelaskan dalam artikel ini. Datang ke masjid untuk menunaikan sholat berjamaah memiliki banyak keutamaan. Terlebih melakukan sholat berjamaah diketahui lebih jauh berharga dibandingkan sholat sendiri atau munfarid

Hal ini dikarenakan salah satu kebiasaan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, para sahabat, dan juga ulama salaf serta kiai-kiai yaitu sholat berjamaah. 

Lantas, apa saja keutamaan datang ke masjid untuk sholat berjamaah? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari nu.or.id.

1. Sholat berjamaah lebih utama 27 derajat

Melakukan sholat berjamaah akan dinaikkan hingga 27 derajat. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

صلاة الجماعة أفضل من صلاة الفذ بسبع وعشرين درجة

Artinya: "Sholat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding sholat sendirian." (HR Bukhari dan Muslim)

2. Berjalan menuju masjid mendapatkan pahala

Dimulai dari niat saja, Anda sudah mendapatkan pahala. Bahkan langkah menuju ke masjid ini pun dihitung sebagai ganjaran kebaikan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Adapun pahala yang didapatkan dari setiap satu langkah kaki menuju masjid adalah satu pahala, dinaikkan satu derajat, dan dihapus satu dosanya oleh Allah Ta'ala. Sebagaimana diterangkan dalam hadits shahih:

"Barangsiapa yang berangkat menuju masjid untuk sholat berjamaah, maka satu langkah akan menghapus dosa dan langkah berikutnya dicatat sebagai amal kebaikan, baik pada saat berangkat maupun kembali." (HR Ahmad) 

3. Disiapkan surga

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ، أَوْ رَاحَ، أَعَدَّ اللهُ لَهُ فِي الْجَنَّةِ نُزُلًا، كُلَّمَا غَدَا، أَوْ رَاحَ

Artinya: "Barang siapa pergi ke masjid pada awal dan akhir siang, maka Allah akan menyiapkan baginya tempat dan hidangan di surga setiap kali dia pergi." (HR Bukhari dan Muslim)

4. Bebas dari api neraka

Sahabat Anas radhiyallahu anhu menuturkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ صَلَّى صَلاَةَ الصُّبْحِ في الجَمَاعَةِ ثُمَّ جَلَسَ يَذْكُرُ الله تَعَالَى حَتَّى تَطْلعَ الشَّمْسُ كَانَ لَهُ سِتْرٌ مِنَ النَّارِ وَبَرِىءَ مِنَ النَّارِ}.

Artinya: "Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam bersabda: Barang siapa berjamaah Sholat Subuh kemudian duduk seraya mengingat Allah Ta'ala hingga matahari terbit maka hal tersebut merupakan perlindungan dan pembebasan dari api neraka." 

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini