get app
inews
Aa Read Next : Viral Kucing Terus Peluk Erat HP yang Memutar Lantunan Ayat Kursi, Netizen Kagum: Masya Allah

Inilah Keutamaan Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur

Jum'at, 10 Desember 2021 | 08:37 WIB
header img
Salah satu amalan terbaik sebelum tidur ialah membaca Ayat Kursi. (Foto: ilustrasi/cahayaquran)

Ayat kursi merupakan ayat 255 dalam surat Al-Baqarah yang begitu populer dan mempunyai fadhillah luar biasa. Salah satu keutamaannya diceritakan pada Kitab Tanbihul Ghafilin karya Imam Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H).

Inilah amalan terbaik sebelum tidur sebagaimana pesan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam: "Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari) bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi." (HR Al-Bukhari).

Dikisahkan, Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu pernah ditugaskan Rasulullah untuk menjaga gudang zakat di bulan Ramadhan. Namun, tiba-tiba seseorang muncul mencuri segenggam makanan. Abu Hurairah berhasil menangkap sosok itu. "Aku akan adukan engkau kepada Rasulullah," kata Abu Hurairah.

Mendengar hal tersebut, orang itu merengek dan berkata: "Saya ini orang miskin, keluarga tanggungan saya banyak, sementara saya sangat memerlukan makanan."

Maka pencuri itu pun dilepaskan. Meskipun zakat diperuntukkan kepada fakir miskin, namun cara orang tersebut mencuri makanan tetap tidak dibenarkan.

Esoknya, Abu Hurairah melaporkannya kepada Rasulullah. Maka Beliau bertanya: "Apa yang engkau lakukan kepada tawananmu semalam ya Abu Hurairah?"

"Ya Rasulullah, bahwa ia orang miskin, keluarganya banyak dan sangat memerlukan makanan dan aku pun melepaskannya," jawab Abu Hurairah.

"Dia berbohong," kata Rasulullah sembari memberi tahu nanti malam dia bakal datang lagi.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut