Mengenal Skala MMI, Satuan untuk Mengukur Kekuatan Gempa Bumi

Iman Ridhwan Syah
.
Minggu, 27 November 2022 | 19:59 WIB
Mengenal Skala MMI, Satuan untuk Mengukur Kekuatan Gempa Bumi. Foto: Dok. iNews

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Istilah skala MMI atau Modified Mercall Intensity pun sering disebut saat ada kejadian gempa bumi. Lantas, apa itu skala MMI? Berikut informasinya.

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) ialah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi yang diciptakan seorang vulkanologis dari Italia bernama Giuseppe Mercalli pada 1902.

Skala MMI

Dikutip dari laman bmkg.go.id, skala Mercalli terbagi jadi 12 pecahan berdasarkan informasi dari orang-orang yang selamat dari gempa tersebut. Selain itu, mereka juga dengan melihat dan membandingkan tingkat kerusakan imbas gempa bumi tersebut.

Karena itu, skala Mercalli diyakini sangat subjektif dan kurang tepat dibanding perhitungan magnitudo gempa yang lain, sehingga sekarang penggunaan Skala Richter lebih luas dipakai untuk untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Kendati demikian, skala Mercalli yang dimodifikasi pada 1931 oleh ahli seismologi Harry Wood dan Frank Neumann masih sering digunakan terutama jika tidak ada peralatan seismometer yang bisa mengukur kekuatan gempa bumi di tempat kejadian.

12 Skala MMI

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini