get app
inews
Aa
Read Next : Sempat Gangguan Kemarin, LRT Jabodebek dari Bekasi Kembali Normal

Jelang Operasional LRT Jabodetabek, KAI Rekrut Karyawan Baru

Rabu, 30 November 2022 | 14:34 WIB
header img
Jelang Operasional LRT Jabodetabek, KAI Rekrut Karyawan Baru. Foto: Dok. iNews

JAKARTA, iNewsBekasi.id - LRT Jabodetabek bakal beroperasi dan direncanakan melayani masyarakat pada Juli 2023 mendatang. Pt KAI sebagai BUMN yang ditunjuk jadi operator LRT Jabodetabek sedang mempersiapkan berbagai aspek.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan, salah satu yang tengah KAI persiapkan adalah sumber daya manusia (SDM). SDM untuk LRT Jabodebek terus KAI matangkan seiring masih berlangsungnya pembangunan proyek LRT Jabodetabek yang saat ini mencapai 87,22%.

“SDM andal merupakan kebutuhan yang mendasar untuk dapat mewujudkan keselamatan dan kelancaran operasional LRT Jabodebek. Terlebih, moda transportasi ini akan dioperasikan tanpa masinis, sehingga perlu pengawasan ekstra dari seluruh petugas operasi,” kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (30/11/2022).

KAI telah melakukan rekrutmen dengan seleksi ketat untuk pemenuhan SDM LRT Jabodebek. Sejumlah formasi telah terisi seperti Train Attendant, Penyelia, Pengawas Stasiun dan Pengendali Operasi Kereta Terpusat otomatis, Petugas Pemeriksaan dan Perawatan Prasarana Sarana dan lainnya. Saat ini, kebutuhan SDM Operasional LRT Jabodebek sudah terpenuhi yakni sejumlah 229 personel.

Sejumlah pendidikan dan pelatihan (diklat) tengah diikuti calon petugas LRT Jabodebek menyesuaikan dengan standar dari Kementerian Perhubungan. Calon petugas LRT Jabodebek telah mendapatkan Diklat familiarisasi terkait sistem Communication Based Train Control dengan Grade of Automation level 3 (CBTC GoA3).

Dengan teknologi CBTC GoA3 tersebut, maka pergerakan kereta dilakukan secara otomatis oleh sistem, tanpa masinis, namun mensyaratkan masih terdapat petugas operasional di dalam kereta untuk penanganan kondisi darurat dan pelayanan kepada pelanggan.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut