Logo Network
Network

Deretan Hewan Purba Laut Tertua yang Masih Ada, Nomor 4 Sudah Hidup sejak 500 Tahun Silam

Lutfan Faizi
.
Sabtu, 03 Desember 2022 | 11:21 WIB
Deretan Hewan Purba Laut Tertua yang Masih Ada, Nomor 4 Sudah Hidup sejak 500 Tahun Silam
Hewan Purba Laut Tertua yang Masih Ada, Salah Satunya Hiu Berjumbai. Foto: Techtimes

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Sebanyak lima hewan purba laut yang masih ada hingga kini menarik untuk diulas. Hewan purba dapat diartikan sebagai hewan yang sempat hidup di masa lampau.

Terkait hal ini, sebagian besar hewan purba diketahui sudah punah dan cuma menyisakan fosil-fosilnya saja. Kendati demikian, ada pula beberapa diantara mereka yang masih ada sampai sekarang.  

Lantas, apa saja hewan purba laut tertua yang masih ada? Berikut informasinya yang iNewsBekasi.id himpun dari SINDOnews.com.

Hewan Purba Laut Tertua yang Masih Ada

1. Udang Kecebong

Spesies udang ini jadi salah satu hewan purba laut tertua di dunia. Pemilik nama latin Triops Cancriformis ini diketahui telah ada sejak 220 juta tahun yang lalu.

Dikutip dari situs Buglife, Udang Kecebong biasa hidup di perairan yang sedikit asin atau bisa juga di air tawar yang mengering di musim panas. Uniknya adalah hewan ini sudah beradaptasi untuk bertahan hidup ketika tempat tinggalnya mengering.

2. Hiu Berjumbai

Dalam penampilannya, hewan purba laut ini tidak terlihat seperti Hiu, melainkan seperti Belut. Namun, jangan salah sangka, Hiu Berjumbai memiliki panjang sekitar lima kaki dan mempunyai gigi tajam sebanyak 300 buah.

Dikutip dari National Geographic, Hiu Berjumbai atau Frilled Shark ini kerap disebut sebagai ‘Fosil Hidup’. Alasannya adalah karena hewan ini telah ada sejak 80 juta tahun yang lalu.

Dari rentang waktu tersebut, Hiu Berjumbai tidak banyak mengalami perubahan. Layaknya hiu modern, mereka juga memiliki rahang berengsel yang dapat menangkap mangsa besar dengan gigi runcingnya.

Selain itu, Hiu Berjumbai juga diketahui telah berenang di kedalaman lautan sejak zaman dinosaurus.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini