get app
inews
Aa Read Next : Sepanjang 2023, Kabupaten Bekasi Bangun Sarana Olahraga di 376 Titik

Empat Teknik Lompat Jauh dan Penjelasan Lengkapnya

Selasa, 13 Desember 2022 | 20:02 WIB
header img
Teknik lompat jauh. Foto: REUTERS

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Teknik lompat jauh ada empat macam. Teknik ini pun harus dilakukan berurutan agar dapat menghasilkan lompatan yang sempurna. Di antaranya ialah awalan, tolakan, melayang dan mendarat.

Lompat jauh sendiri merupaan salah satu cabang olahraga atletik. Di mana olahraga ini menggabungkan kecepatan, kekuatan serta kelincahan saat melompat dari papan tolakan. Tujuannya ialah mencapai jarak lompatan sejauh mungkin di bak lompat.

Meski sekilas terlihat gampang untuk melakukan lompat jauh, namun butuh latihan khusus dan kewaspadaan tinggi supaya terhindari dari risiko cedera.

Lantas, apa saja teknik lompat jauh? Berikut informasinya.

Teknik Lompat Jauh

1. Teknik Awalan

Teknik awalan adalah proses paling awal ketika melakukan lompat jauh. Cara melakukan teknik ini ialah dengan berlari secepet mungkin kira-kira 20 hingga 30 meter.

Fungsi teknik awalan yakni memberikan dorongan ketika melompat nanti. Teknik ini pun bisa dinilai sebagai suatu tindakan memperoleh kecepatan horizontal secara maksimal lalu diubah jadi kecepatan vertikal saat melakukan tolakan.

2. Teknik Tolakan

Salah satu teknik lompat jauh adalah teknik tolakan. Cara melakukan teknik ini pun cukup sederhana, yaitu dengan gerakan melompat. Lompatan dilakukan dnegan memakai satu kaki sebagai pijakan. Kaki yang dijadikan pijakan ialah yang terkuat.

Melompat dengan pijakan dua kaki cuma akan menahan tubuh untuk bergerak lebih jauh. Usahakan untuk kombinasikan kecepatan berlari dan kekuatan kaki. Jika dilakukan dengan benar, peserta bakal tampak seperti melangkah di udara.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut