get app
inews
Aa Read Next : Isra' Mi'raj: Evaluasi Shalat Kita

Sederet Kejadian Luar Biasa saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Nomor 4 Padamnya Api Majusi

Senin, 26 Desember 2022 | 08:00 WIB
header img
Kejadian Luar Biasa saat Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Foto: Okezone

 

4. Padamnya Api Sesembahan Majusi

 

Agama Majusi merupakan salah satu aliran teologis yang sudah ada jauh sebelum kedatangan agama Islam. Pengikut agama ini dikenal sangat menyarkralkan salah satu unsur alam yaitu api. Bagi mereka, api adalah kekuatan yang bisa memberi perlindungan dari segala macam bahaya serta mampu menganugerahi kesejahteraan bagi umat manusia.

Oleh karena itu, mereka meyakini api sebagai Tuhan yang harus disembah. Konon, mereka punya api yang tidak pernah padam selama ribuan tahun. Namun, api ini padam saat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam lahir. Dalam satu riwayat Imam al-Baihaqi disebutkan:

لما كانت الليلة التي ولد فيها رسول الله صلى الله عليه وسلم ارتجس إيوان كسرى، وسقط منه أربع عشرة شرفة، وخمدت نار الفرس، ولم تَخمُد قبل ذلك بألف عام، وغاضت بحيرة سَاوة

Artinya: "Pada malam kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, balkon Istana Kisra runtuh, 14 gereja runtuh, api (sesembahan Majusi) di Persia padam yang sebelumnya menyala selama 1000 tahun, dan Gereja Bahira ambles ke tanah."

Menurut Imam Az-Zurqani, selain diriwayatkan Imam al-Baiqahi, hadits ini juga diriwayatkan oleh Abu Nu'aim al-Khara’iti, Ibnu ‘Asakir, dan Ibnu Jarir Ath-Thabari yang semua sanadnya sampai kepada Hani al-Makhzumi (Imam Abu Abdilah az-Zurqani, Syarh Mawahibul Ladduniyyah, 2012: juz I, halaman 228)

5. Tertutupnya Pintu Langit bagi Iblis

Sebelum kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, konon iblis bisa mencuri dengar perbincangan malaikat soal suratan takdir di langit ketujuh. Kemudian, iblis akan menyampaikan informasi rahasia itu kepada para dukun sehingga mereka bisa mengetahui hal-hal gaib.

Meski begitu, informasi yang dibawa jin seringnya sengaja dipelintir. Begitu Nabi Shallallahu alaihi wassallam lahir, akses portal langit itu ditutup dan iblis pun tidak bisa lagi mencuri dengar. Terkait hal ini, As-Suhaili dalam ar-Raudhul Unf menyampaikan:

رُوِيَ فِي مَأْثُورِ الْأَخْبَارِ أن إبليس كان يخترق السّماوات قَبْلَ عِيسَى، فَلَمّا بُعِثَ عِيسَى، أَوْ وُلِدَ حجب عن ثلاث سماوات، فَلَمّا وُلِدَ مُحَمّدٌ حُجِبَ عَنْهَا كُلّهَا، وَقُذِفَتْ الشّيَاطِينُ بِالنّجُومِ

Artinya: "Diriwayatkan dalam beberapa hadits yang ma’tsur, dulu iblis bisa mencuri dengar di langit sebelum Nabi Isa diutus. Setelah Isa diutus atau dilahirkan, tertutup tiga lapis langit. Hingga Nabi Muhammad lahir, iblis tidak bisa lagi mencuri dengar sama sekali, sebab setan-setan sudah dilempari dengan bintang-bintang.” (Abul Qasim as-Suhaili, ar-Raudhul Unf, juz II, halaman 194)

Wallahu a'lam bisshawab.  

Artikel ini telah terbit di Okemuslim dengan judul "5 Kejadian Luar Biasa saat Kelahiran Nabi Muhammad, Salah Satunya Pintu Langit Tertutup".

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut