get app
inews
Aa Read Next : Dalam Keadaan Stroke LB Moerdani Menangis di Kursi Roda saat Temui Soeharto

Jenderal TNI Ini Beberkan Cara Hasilkan Prajurit Kopassus Berkualitas: Sistem Seleksi yang Baik

Rabu, 15 Desember 2021 | 07:49 WIB
header img
Jenderal TNI Ini Beberkan Cara Hasilkan Prajurit Kopassus Berkualitas: Sistem Seleksi yang Baik, (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Jenderal TNI (Purn) Subagyo HS mantan pemimpin Komando Pasukan Khusus (Kopassus) pada periode September 1994 - Desember 1995. Dalam periode kepemimpinannya yang terbilang singkat itu, Subagyo pernah membuat jenderal Amerika Serikat (AS) terkagum-kagum melihat kehebatan prajurit-prajurit Kopassus.

Hal itu terjadi saat Komandan Pasukan Khusus AS (United State Operation Command) periode 1993-1996 bernama Jenderal Wayne Allan Downing berkunjung ke Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), di Batujajar, Jawa Barat.

Kedatangannya itu bukan yang pertama kalinya, melainkan kunjungan balasan setelah sebelumnya Danjen Kopassus Jenderal TNI Subagyo HS datang ke Amerika.

Tak hanya itu, seusai seminar internasional itu, giliran Wayne Downing yang datang ke Indonesia. Jenderal yang makan asam garam di berbagai operasi itu juga singgah di Markas Kopassus, Cijantung.

Selanjutnya ia diajak ke Batujajar untuk melihat para prajurit-prajurit kopassus berlatih tempur. Saat itulah Downing mengakui kehebatan Kopassus.

Terlebih ketika itu ia tahu para prajurit menggunakan peluru tajam dalam latihan sehingga sangat mirip dengan situasi di medan pertempuran sesungguhnya.

Downing langsung menyanjung semangat dan mental baja prajurit Kopassus. "Saya ingin bertempur bersama prajuritmu," kata Downing ditirukan Subagyo dikutip dari buku ‘Subagyo HS: KASAD dari Piyungan' dikutip Rabu (15/12/2021).

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut