get app
inews
Aa Read Next : Artis Lawas Banting Setir Tak Pernah Muncul Lagi, Ada Pilih Hijrah hingga Jualan Martabak 

Sosok Ratmi B29, Pelawak Pertama yang Dikubur di TMP Kalibata, Ternyata Punya Banyak Tanda Jasa

Rabu, 28 Desember 2022 | 21:55 WIB
header img
Sosok Ratmi B29. Foto: ist

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Suratmi atau dikenal Ratmi Bomber-29 (B29) adalah sosok artis sekaligus pelawak Tanah Air. Dia memperoleh nama panggungnya dari Laksda TNI Wiriadinata karena wanita yang punya wajah bulat dengan tahi lalat di sudut atas bibir kiri tersebut sering menghibur keluarga TNI-AU di Bandung.

Lahir pada 16 Januari 1932 di Bandung, Jawa Barat, Ratmi B29 sudah dikenal sejak 1943. Kala itu, ia dikenal terlebih dahulu sebagai seorang penyanyi lagu keroncong, bahkan ia juga sempat memasuki perkumpulan wayang orang.

Sayang, bakat bernyanyi Ratmi ditentang neneknya. Sebab, dia tidak ingin cucunya menjadi ronggeng.

Ratmi pun terpaksa meninggalkan panggung seni dan memilih untuk bergabung dengan Barisan Srikandi/Laskar Wanita Indonesia (Laswi). Dia juga pernah menjadi staf Batalyon Brigade D/X-16 di Jawa Tengah sebelum akhirnya mengundurkan diri dengan pangkat sersan dua.

Di 1960, saat usianya menginjak 28 tahun, Ratmi B29 mulai menjajal dunia akting sebagai figuran. Ia juga mulai bergabung dengan grup Tiga Djenaka sampai 1976, sebelum akhirnya membentuk grup lawak Ratmi cs.

Tercatat, Ratmi B29 pertama kali debut akting di film Si Djimat (1960). 11 tahun berlalu, tepatnya di 1971, ia baru kembali terlihat menjajal dunia akting kembali dengan membintangi film Tiada Maaf Bagimu, Titienku Sayang, Aku Tak berdosa, hingga Si Rano.

Dia terakhir bermain film pada 1977. Film terakhirnya yakni Direktris Muda, di mana dia beradu akting dengan Ully Artha, Kusno Sudjarwadi, hingga Rachmat Kartolo.

Ratmi B29 tercatat sempat menikah sebanyak tiga kali. Pernikahannya dengan Idris, diketahui berakhir karena suami pertamanya itu meninggal dunia. Lalu dia menikah lagi untuk kedua kalinya dengan seorang pria bernama Surnarno.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut