get app
inews
Aa Read Next : Ini Klasemen dan Nilai Akhir Kota dan Kabupaten di Ajang MTQ ke-38 Jawa Barat

Direnovasi Moeldoko Center, Rumah Sumamah Kini Tak Banyak Tikus dan Bisa Tidur Nyenyak Lagi

Kamis, 16 Desember 2021 | 19:46 WIB
header img
Rumah Sumamah direhab oleh Moeldoko Center (Foto: iNews.id)

BANTEN, iNews.id - Sumamah (70), warga Kp. Caringin Lebak RT 20 RW 05 Desa Tunjung Teja Kecamatan Tunjung Teja Kabupaten Serang, Banten hanya bisa duduk diam meratapi rumahnya yang sudah bobrok dimakan usia.

Rumah berukuran 5x8 meter persegi yang berdinding bilik, berlantai tanah dan beratapkan genteng yang sudah rapuh kian hancur karena Sumamah tidak memiliki biaya untuk memperbaiki rumahnya.

"Boro-boro membetulkan rumah, menafkahi dirinya sendiri saja sulit, pertama lantaran usia yang sudah senja dan kini hidup sendiri," ujar sprang relawan Moeldoko yang ditemui pada September 2021 saat pertama kali menemui Sumamah.

Di kala malam tiba, angin yang dingin membuat Sumamah harus menutupi ranjangnya yang berisikan kapuk dengan kain-kain agar dirinya bisa tetap hangat di malam hari.

"Mau gimana lagi, pasrah, untuk makan aja untung masih dapat dari tetangga," ujar Sumamah pasrah ketika relawan Moeldoko Center datang mengunjungi rumahnya pada September 2021 silam.

Kemudian 50 meter dari rumah Sumamah, juga ada Bu Ciot (65). Ciot tinggal di rumah yang kondisinya tidak jauh berbeda dengan Sumamah. Meski kehidupannya sangat minim, Ciot pantang menyerah.

Dengan dana seadanya ia membeli bahan-bahan masakan untuk ia olah menjadi makanan ringan dan dijual untuk menafkahi dirinya dan putri bungsunya yang mengalami gangguan mental akibat ditinggal oleh suaminya.

"Untuk modal usaha pinjam dulu, kalau sudah laku baru dilunasi," terang Ciot. Dalam sehari jika laku, ia bisa mengantongi Rp10 ribu untuk ia belikan beras untuk makan, tetapi kenyataannya kue yang ia buat tidak selalu laku habis bahkan ia harus menunggak.

Editor : Iman Ridhwan Syah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut