get app
Aa Read Next : Basmi Hama Tikus, Petani di Sukatani Bekasi Gunakan Burung Hantu

Wow! Ilmuwan AS Temukan 14 Spesies Tikus Baru di Pulau Sulawesi

Sabtu, 18 Desember 2021 | 15:47 WIB
header img
14 spesies tikus baru telah ditemukan di pulau Sulawesi selama survei satu dekade yang dilakukan dua ilmuwan dari Louisiana State University, Amerika Serikat (Foto: Istimewa)

DUA ilmuan dari Lousiana State University, Amerika Serikat berhasil menemukan 14 spesies tikus baru di pulau Sulawesi. Selama 10 tahun, mereka telah menjebak dan memeriksa 1368 ekor tikus yang tersebar merata di seluruh pulau.

Guna meneliti mamalia kecil ini di Sulawesi, Jake Esselstyn dan Heru Handika mulai memasang perangkap di seluruh pulau pada tahun 2010, termasuk puluhan gunung di ketinggian yang berbeda. Para peneliti memilih pulau Sulawesi lantaran kondisi geografisnya yang mempunyai keragaman spesies tikus.

Diketahui pulau Sulawesi memiliki bentuk unik seperti huruf K yang mempunyai 4 semenanjung dan cukup bergunung-gunung, dengan enam puncak setidaknya 3.000 meter.

Semenanjung bisa mempromosikan antara populasi dan pegunungan tinggi menciptakan gradien iklim yang kuat sehingga menyebabkan perbedaan besar dalam vegetasi.

Melalui analisis fitur fisik dan DNA, kedua ilmuwan itu telah menemukan 21 spesies tikus yang hidup eksklusif di Sulawesi. Dari 21 spesies, ada 14 spesies baru yang sebelumnya tidak diketahui. Penemuan baru ini membuat Sulawesi menjadi tuan rumah bagi spesies tikus tiga kali lebih banyak daripada pulau lain mana pun di dunia.

Editor : Eka Dian Syahputra