get app
inews
Aa
Read Next : Isra' Mi'raj: Evaluasi Shalat Kita

Menengok Madain Saleh, Kota Kuno yang Disebut Terkutuk dan Dijauhi Nabi Muhammad SAW

Rabu, 18 Januari 2023 | 08:23 WIB
header img
Menengok Madain Saleh, Kota Kuno yang Disebut Terkutuk dan Dijauhi Nabi Muhammad SAW. Foto: Istimewa

AL ULA, iNewsBekasi.id - Madain Saleh merupakan kota kuno yang disebut terkutuk dan dijauhi Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam. Dulunya kota ini dihuni oleh kaum Tsamud.

Bangsa Tsamud durhaka terhadap ajaran Nabi Shaleh Alihissallam yang diutus Allah Subhanahu wa Ta'ala. Akibatnya, Allah Ta'ala pun menghancurkan kota tersebut serta orang-orangnya binasa seketika.

Madain Saleh disebut juga dengan Al Hijr atau Hegra. Ini jadi salah satu kota terkutuk yang diabadikan dalam Alquran. Disebut terkutuk karena kota itu pernah diazab Allah Subhanahu wa Ta'ala akibat warganya menyembah berhala dan ingkar kepada Nabi Shaleh Alaihissallam.

Madain Shaleh lokasinya berada dekat situs Al Ula, sekarang masuk Provinsi Madinah, Arab Saudi. Dikarenakan punya nilai sejarah tinggi, Hegra atau Madain Shaleh diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2008. 

Madain Shaleh pernah berjaya dan mencapai kemajuan pesat. Bangsa Tsamud yang dikenal cerdas membangun kota itu dengan arsitektur megah. Mereka juga sangat sukses dengan pertanian, peternakan, hingga perdagangan.

Namun, bangsa Tsamud punya akhlak yang buruk dan tidak mensyukuri segala nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Mereka terlena dengan kesombongan. Gaya hidupnya penuh foya-foya, mabuk-mabukan, berzina, hingga melakukan tindak kejahatan.

Hingga akhirnya Allah Azza wa Jalla mengutus Nabi Shaleh Alaihissallam untuk mengajak kaum Tsamud beriman kepada Allah Ta'ala, meninggalkan menyembah berhala dan segala kemaksiatan. Sebagaimana tertulis dalam Alquran Surat Hud Ayat 61.

وَإِلَىٰ ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَالِحًا ۚ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ هُوَ أَنْشَأَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيهَا فَاسْتَغْفِرُوهُ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ ۚ إِنَّ رَبِّي قَرِيبٌ مُجِيبٌ

Artinya: "Dan kepada Tsamud (Kami utus) saudara mereka Shaleh. Shaleh berkata: 'Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertobatlah kepada-Nya, Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat-Nya) lagi memperkenankan (doa hamba-Nya)'." (QS Hud: 61) 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut