get app
inews
Aa Read Next : Isra' Mi'raj: Evaluasi Shalat Kita

Menengok Madain Saleh, Kota Kuno yang Disebut Terkutuk dan Dijauhi Nabi Muhammad SAW

Rabu, 18 Januari 2023 | 08:23 WIB
header img
Menengok Madain Saleh, Kota Kuno yang Disebut Terkutuk dan Dijauhi Nabi Muhammad SAW. Foto: Istimewa

Tapi, ajakan tobat dari Nabi Shaleh Alaihissallam tidak dihiraukan kaum Tsamud. Mereka meremehkan dakwah Nabi Shaleh. Kaum Tsamud justru menantang Nabi Shaleh agar mengeluarkan unta betina dari balik gunung.

Nabi Shaleh dengan mukjizat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala berhasil mengeluarkan unta dari balik gunung, kemudian menyerahkan ke kaumnya agar menjaga unta itu. Tapi kaum Tsamud durhaka, mereka malah menyembelih unta itu.

Dikarenakan segala perintah dan ajaran Nabi Shaleh Alaihissallam tidak ada yang mereka taati, akhirnya Allah Subhanahu wa Ta'ala murka kepada kaum Tsamud. Allah Ta'ala menurunkan azab-Nya berupa gempa bumi dahsyat dan petir yang menghancurkan Madain Shaleh serta membinasakan kaum Tsamud.

Lenyaplah segala peradaban bangsa Tsamud. Sekarang sisa kejayaan mereka masih terlihat dari bangunan-bangunan kota yang dipahat dengan arsitektur unik yang masih berdiri di Madain Shaleh.

Pemerintah Arab Saudi sekarang ingin menghidupkan kembali Madain Shaleh sebagai destinasi wisata sejarah. Tentu saja rencana itu menuai pro dan kontra, sebab wilayah itu sangat dihindari oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, "Janganlah kalian memasuki daerah umat yang diazab itu kecuali sambil menangis. Jika kalian tidak bisa menangis, jangan memasuki daerah mereka. Jangan sampai adzab yang menimpa mereka, menimpa kalian." (HR Bukhari nomor 433)

Wallahu a'lam bisshawab. 

Artikel ini telah terbit di Okezone dengan judul "Melihat Madain Shaleh, Kota yang Dilarang Dikunjungi oleh Nabi Muhammad".

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut