get app
inews
Aa
Read Next : Jakarta Banjir dan Macet Total, Sahroni Sentil Pj Gubernur DKI Heru Budi

Banjir Besar Melanda 6 Negara Bagian Malaysia, 14.000 Orang Mengungsi

Senin, 20 Desember 2021 | 07:44 WIB
header img
Malaysia diterjang banjir besar, rendam setidaknya 6 negara bagian dan Kuala Lumpur (Foto: Instagram)

KUALA LUMPUR, iNews.id - Banjir hebat juga melanda Malaysia hingga Minggu (19/12/2021). Banjir terjadi di Terengganu, Pahang, Kelantan, Selangor, dan Kuala Lumpur.

Terpantau Pemerintah pusat telah mengerahkan personel gabungan tentara dan polisi untuk membantu evakuasi korban banjir. Hingga saat ini diperkirakan 14.000 orang telah mengungsi dengan jumlah terbanyak berada di Pahang yakni 5.189 orang sampai Minggu pagi.

Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob menyoroti banjir di Selangor. Ia tak menduga wilayah yang selama ini relatif aman dari banjir di musim hujan itu ikut terendam. "Di Selangor agak semrawut karena banjir datang tiba-tiba. Kejadian seperti ini jarang terjadi pada musim hujan," kata Ismail, dikutip dari The Star, Minggu (19/12/2021).

Akibatnya, lanjut dia, Selangor tak siap mengantisipasi dampaknya. Berbeda dengan Pahang dan Kelantan yang begitu sigap mengantisipasi banjir selama musim hujan di pengujung tahun.

"Insya Allah, kami akan melakukan yang terbaik untuk membantu mereka yang terjebak dan menyelesaikannya malam ini," ujarnya pada Sabtu malam.

Pemerintah Malaysia menyediakan 5.731 pusat bantuan di wilayah banjir yang dapat menampung hingga 1,63 juta pengungsi jika diperlukan. Pusat penampungan itu mulai beroperasi sejak Oktober dan diperkirakan akan ditutup pada Maret seiring lewatnya musim hujan.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut