get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Ini Tempat Nabi Isa AS Membunuh Dajjal di Akhir Zaman

Inilah Ciri-Ciri Dajjal, Sosok yang akan Muncul Menjelang Hari Kiamat

Selasa, 24 Januari 2023 | 23:36 WIB
header img
Inilah Ciri-Ciri Dajjal, Sosok yang akan Muncul Menjelang Hari Kiamat. Foto: Istimewa

Cuma ada dua tempat yang tak dapat dimasuki Dajjal yaitu kota suci Madinah dan Makkah. Sebab, di setiap pintu gerbang di kedua kota ini, malaikat menghunuskan pedangnya dan menghalau Dajjal sehingga tidak bisa masuk.

Ciri-ciri fisik Dajjal yang banyak disebutkan dalam hadits sahih antara lain, mata kanannya rusak atau buta seperti anggur kering. Ini penting diketahui karena Dajjal akan mengaku sebagai Tuhan, sedangkan Tuhan itu sempurna dan tidak buta.

"Kalau dia masuk ke sebuah tempat, lokasi, atau wilayah, dia akan mengaku jadi Tuhan. Bila banyak orang yang mengikutinya tempat itu akan subur. Peternakan jadi banyak, perkebunan jadi subur, hujan turun dari langit, tapi itu adalah bentuk 'fitnah'," papar Ustadz Khalid.  

Selain itu, Dajjal digambarkan punya kulit yang kehitam-hitaman dan mempunyai dahi lebar. Setiap orang yang beriman bisa membaca tiga huruf di antara dua matanya yang tertulis ك ف ر (Kaf-Fa-Ra artinya kafir).

Dajjal bahkan memiliki rambut keriting dengan postur tubuh tinggi besar. Ketika menjelajahi bumi, dia akan diikuti dengan bergunung-gunung makanan yang akan diberikan kepada wilayah-wilayah yang beriman kepadanya.

Di tangan kanannya terdapat api yang sangat besar. Sedangkan di sebelah kirinya ada air yang sejuk seperti sebuah lautan yang luas.

Api itu dia pakai untuk menghukum orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sementara air dia gunakan untuk membentuk sungai dan lautan bagi orang-orang yang menjadi pengikutnya.

"Kata Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam, 'Kalau kalian tertangkap, maka pilihlah yang di tangan kanannya (api). Dan ucapkanlah Bismillah pada saat kalian harus dilemparkan pada api itu, ketahuilah api tersebut adalah lautan yang dingin. Air di tangan kirinya justru adalah api neraka yang panas'," tandas Ustadz Khalid Basalamah.

Allahu a'lam bisshawab.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut