Ini Sederet Dampak Buruk Melewatkan Sarapan, Salah Satunya Memicu Migrain

Hasyim Ashari/Eka Dian Syahputra
.
Rabu, 25 Januari 2023 | 09:31 WIB
Ilustrasi Dampak Buruk Melewatkan Sarapan. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Tak sedikit orang sering mengabaikan sarapan di pagi hari. Hal ini umumnya dipengaruhi sejumlah alasan seperti takut terlambat, tidak sempat masak, tidak terbiasa hingga bangun kesiangan. Sedangkan, sarapan adalah salah satu kegiatan terpenting sebelum melakukan aktivitas.

Berdasarkan sebuah penelitan, sarapan adalah hal wajib di pagi hari, meski cuma dengan roti. Ini lantaran makanan sehat yang dikonsumsi di pagi hari memberikan kontribusi baik untuk tubuh sebelum melakukan kegitan sesudahnya.

Akan tetapi, jika telat sarapan atau jarang sarapan di pagi hari bisa berdampak pada kesehatan tubuh, salah satunya dapat beresiko terkena penyakit kanker hingga mengganggu sistem metabolism tubuh. Dilansir dari Okezone, berikut lima dampak buruk jika melewatkan sarapan.

Dampak Buruk Melewatkan Sarapan

1. Risiko Terkena Diabetes Tipe-2 Lebih Tinggi

Berdasarkan penelitian dari Harvard University School of Public Health menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kebiasaan menghindari sarapan memiliki resiko terserang penyakit diabetes tipe 2 lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang sarapan setiap hari.

Itu karena adanya hubungan antara diabetes tipe 2, gula darah, dan insulin. Melewatkan sarapan pagi benar-benar dapat menyebabkan lebih banyak resistensi insulin.

Resistensi insulin adalah suatu kondisi yang membutuhkan lebih banyak insulin untuk membawa gula darah ke kisaran normal. Ketika sudah sampai pada tahap kronis, ada faktor risiko utama untuk diabetes tipe 2.

2. Risiko Terkena Kanker

Melewatkan sarapan bisa membuat Anda makan berlebihan di siang hari. Hal ini dapat membuka jalan bagi peningkatan prevalensi obesitas. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Cancer Research UK, ditemukan bahwa seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko terkena kanker.

3. Bisa Menyebabkan Berat Badan Naik

Apabila Anda sedang menjalankan program diet penurunan berat badan dan memiliki kebiasaan melewatkan sarapan, maka hentikan hal tersebut mulai dari sekarang. Menurut penelitian, orang yang tidak sarapan malah justru berpeluang untuk menambah berat badan, kok bisa?

Karena seseorang yang cenderung tidak sarapan di pagi hari dapat memicu nafsu makan berlebih pada siang hari, sehingga melebihi asupan kalori harian Anda. Jika terus menerus kebiasaan ini dilakukan, maka menyebabkan penambahan berat badan bukan malah turun.

Follow Berita iNews Bekasi di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini