get app
inews
Aa Read Next : Anak Kepala BIN Jadi Ketua Umum Banteng Muda Indonesia

Survei Nasional LPI: Kinerja Kepala BIN Unggul di Tiga Indikator Penilaian 

Senin, 20 Desember 2021 | 20:07 WIB
header img
Paparan hasil survei nasional Lembaga Pemilih Indonesia (LPI). (Foto:ist)

JAKARTA,iNews.id - Hasil survei nasional Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) yang berjudul Pandangan ‘Kelas Menengah Intelektual’ Terhadap Kepemimpinan dan Kinerja Kabinet Indonesia Maju dan Para Pimpinan Lembaga Negara Tahun 2021 menyatakanKepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan unggul di tiga indikator kinerja.

Hal itu berdasarkan penilaian responden. Untuk mengukur kinerja tersebut, LPI menggunakan tiga indikator. Yaitu indikator responsiveness, leadership dan regulasi (kebijakan). 

Berdasarkan indikator responsivitas, Kepala BIN Budi Gunawan dinilai sosok yang paling responsif terhadap informasi dalam merespon segala situasi, tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan dari dimensi astagatra, baik dalam dimensi kelembagaan, kenegaraan maupun kebangsaan. Untuk variabel itu, sosok Kepala BIN, Budi Gunawan berada di rating pertama, dengan skor 2.47% dari 46 menteri dan pimpinan lembaga negara. 

Direktur LPI Boni Hargens di acara bertajuk "Catatan LPI Akhir Tahun 2021: Evaluasi Pelaksanaan Demokrasi dan Potensi Ancaman Sosial-Politik Tahun 2022" di Hotel Aryaduta Semanggi, Jakarta, Senin (20/12/2021) menjelaskan, mayoritas responden menilai, kinerja Kepala BIN, Budi Gunawan merupakan sosok dengan kinerja sangat baik termasuk dalam konteks penanganan pandemi Covid 19 berikut efek penyertanya. 

Berdasarkan analisis deskriptif, mayoritas kalangan kelas menengah intelektual menilai figur Budi Gunawan merupakan sosok yang mumpuni dalam melakukan koordinasi dan komunikasi terhadap single usernya, yaitu Presiden Joko Widodo. Hal itu terlihat dari skor 2.38% responden yang menempatkan sosok Kepala BIN, Budi Gunawan sebagai figur yang terbaik untuk variabel koordinasi.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut