get app
inews
Aa Read Next : Trovant Batu Misterius yang Bisa Tumbuh Besar dan Bergerak Bikin para Ilmuwan Bingung

Semut Ternyata Mampu Mendeteksi Kanker dari Urine, Kok Bisa?

Jum'at, 27 Januari 2023 | 17:12 WIB
header img
Semut ternyata mampu mendeteksi kanker dari urine. Hal itu pun terkuak usai dilakukan penelitian oleh ilmuwan dari Sorbonne Paris North University di Prancis. Foto: CNRS

PARIS, iNewsBekasi.id - Semut ternyata mampu mendeteksi kanker dari urine. Hal itu pun terkuak usai dilakukan penelitian oleh ilmuwan dari Sorbonne Paris North University di Prancis. Wlau kemampuan semut mendeteksi kanker masih belum bisa dipakai untuk mendiagnosa ke manusia.

Hasil penelitian ini diterbitkan pada 25 Januari 2023 dalam jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences. Di sini, para ilmuwan melatih hampir tiga lusin semut sutra (Formica fusca) untuk memakai reseptor penciuman akut ini untuk tugas yang berbeda, yakni menemukan kanker.

Dikutip dari SINDOnews, Lantaran semut tak mempunyai hidung, dia pun menggunakan reseptor penciuman pada antenna guna mengendus kanker. Reseptor penciuman pada antenna semut untuk membantu menemukan makanan hingga mengendus calon pasangan.

Berdasarkan laporan The Washington Post, di laboratorium, para ilmuwan mencangkokkan irisan tumor kanker payudara dari sampel manusia ke tikus dan mengajari 35 semut untuk "mengasosiasikan urine dari hewan pengerat yang mengandung tumor dengan gula.” Setelah ditempatkan di cawan petri, semut menghabiskan 20% lebih banyak waktu di samping sampel urine yang mengandung tumor kanker dibandingkan urine yang sehat.

“Mereka hanya ingin makan gula," ujar Baptiste Piqueret, peneliti dan etologis di Sorbonne Paris North University di Prancis, kepada The Washington Post, Kamis (26/1/2023).

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut