get app
inews
Aa Read Next : Sakit Hati Adiknya Dipukuli, Kakak di Karawang Bacok Pelaku Pakai Golok hingga Luka Parah

Uang Palsu Marak Beredar di Pasar Johar Karawang, Pengelola: Pedagang Harus Lebih Waspada

Jum'at, 24 Desember 2021 | 13:25 WIB
header img
Novit Mahendra, Manajer Pengelola Pasar Johar Karawang (Foto: INews Karawang/ Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNews.id - Maraknya peredaran uang palsu membuat para pedagang di Pasar Rakyat Johar, Karawang resah. Kejadian itu pun dibenarkan Manager Pengelola Pasar Rakyat Johar, Novit Muhendar.

Dia mengaku mendapatkan laporan bahwa ada beberapa pedagang di Pasar Rakyat Johar Kaawang yang menerima sejumlah uang palsu dari pembeli. Ia pun mengimbau agar pedagang lebih waspada dalam bertransaksi.

"Kita enggak bisa memantau semua pedagang di Pasar Johar ini, pedagang pun harus lebih waspada dalam melayani dan bertransaksi dengan pembeli, "ujarnya, Kamis (23/12/21).

Dalam meminimalisir hal ini terjadi kembali, Novit juga melakukan upaya pencegahan memberi imbauan dengan menggunakan stereo.

"Imbauan berulang selalu kita berikan. Kita pun sudah melakukan sosialisasi tentang digitalisasi pasar agar para pedagang di Pasar Johar Karawang merubah cara transaksinya,"katanya.

Menurutnya program digitalisasi pasar dapat menjadi solusi di tengah keresahan masyarakat tentang penyebaran uang palsu saat ini. Selain itu, untuk meminimalisir peredaran uang palsu pada pedagang bisa memberlakukan dengan E-Money. Hal itu beriringan dengan konsep digitaliasi pasar yang baru saja dilaunching pekan lalu. Digitalisasi tersebut hasil kerjasama pasar-pasar di Karawang, termasuk pasar johar bersama Bank Indonesia (BI).

"Saya harap adanya digitalisasi pasar dapat meminimalisir terjadinya peredaran uang palsu di Pasar Johar Karawang, "ujarnya.

Sementara Edi permana, Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Johar (APPJ) berharap pedagang Pasar Johar bisa lebih waspada dalam bertransaksi.

"Semoga kejadian ini tidak terulang kembali, " katanya.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut