get app
inews
Aa Read Next : Ini Besaran Gaji dan Tunjangan Pegawai Bea Cukai

Koper Putri Gus Dur Diperiksa Ketat Bea Cukai Saat Kembali ke Indonesia

Rabu, 22 Maret 2023 | 12:46 WIB
header img
Koper Putri Gus Dur Diperiksa Ketat Bea Cukai Saat Kembali ke Indonesia. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Bea Cukai sedang menjadi topik hangat di mata publik. Setelah viral kasus pemenang lomba menyanyi di Jepang yang terkena pajak saat membawa pulang piala kemenangannya, kini putri Gus Dur yaitu Alissa Wahid juga membagikan pengalaman tidak mengenakkan yang dialaminya dengan Bea Cukai.

Kejadian tersebut terjadi ketika Alissa kembali ke Indonesia setelah menghadiri konferensi di Taiwan sekitar tahun 2019-2020.

Alissa Wahid membagikan pengalamannya melalui Twitter setelah membaca keluhan tentang perlakuan buruk petugas Bea Cukai di Bandara Soekarno Hatta terhadap seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) yang baru pulang ke Indonesia.

Pengalaman kurang menyenangkan dialaminya saat kembali ke tanah air setelah menghadiri sebuah konferensi di Taiwan sekitar tahun 2019-2020.

Alissa Wahid menuliskan pengalamannya melalui cuitan Twitter @AlissaWahid pada Senin (20/03/2023), bahwa suatu kali ia pulang dari sebuah konferensi di Taiwan dan diarahkan ke meja pemeriksaan di Bandara Cengkareng. Di sana, seorang petugas bertanya kepadanya apakah ia bekerja di Taiwan dan berapa lama ia bekerja di sana, serta memeriksa isi kopernya.

Alissa kemudian membuka koper dan memberikan paspornya kepada petugas Bea Cukai. Selain itu, petugas juga meminta keterangan tentang berapa lama Alissa berada di Taiwan.

"Saya buka koper sambil dia minta paspor. Saya: 'cuma tiga hari di Taiwan', Petugas: 'kerja apa tiga hari di Taiwan? Kok bawaannya koper gede? Beli apa saja? Emang dibayar berapa? 'Saya: 'konferensi' Petugas: 'kok kamu bisa belanja & bawa barang banyak? Kamu kerja apa?' Ndedes (dicecar)...," tulis Alissa.

Petugas Bea Cukai juga sempat menanyakan pekerjaan Alissa, yang membuat dirinya sering bepergian ke luar negeri.

"Petugas : ‘sering ya ke luar negeri?’ Saya : ‘ya. Bisa lihat di paspor, mbak’. Dia buka-buka paspor. Petugas : ‘kok sering ke luar. Kerja apa?’ Saya : ‘LSM’. Petugas menengok, tampangnya agak kecut, lalu kembalikan paspor : ‘Silakan’. Saya beberes koper yg udah dia aduk-aduk..” lanjutnya.

Setelah memeriksa paspornya, akhirnya petugas Bea Cukai mengizinkan Alissa melanjutkan perjalanan.

Alissa Wahid membagikan pengalaman buruknya ini setelah banyak orang di media sosial mengeluhkan layanan yang diberikan oleh petugas Bea Cukai.

Sementara itu, pihak Bea Cukai yang mengetahui cuitan Twitter Alissa Wahid segera memberikan respons.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut