get app
inews
Aa Read Next : Deretan Ulama Indonesia yang Pernah Jadi Imam Masjidil Haram, Siapa Saja?

Meninggal di Luar Negeri, Inilah 5 Ulama Indonesia yang Makamnya Dikunjungi Wisatawan Muslim

Selasa, 18 April 2023 | 11:30 WIB
header img
Meninggal di Luar Negeri, Inilah 5 Ulama Indonesia yang Makamnya Dikunjungi Wisatawan Muslim. (Foto: Fatiha Eros Perdana/Net Bekasi)

Setelah berpulang ke rahmatullah, Syekh Nawawi Al-Bantani dimakamkan di Ma'la Makkah pada tanggal 29 Maret 1897. Warisannya yang besar dalam ilmu pengetahuan dan agama Islam masih dihargai hingga saat ini. Semoga Allah SWT senantiasa merahmati beliau dan mengampuni segala dosanya.

2. Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Ulama Tawadhu yang Dipercaya Menjadi Imam Besar di Masjidil Haram

Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi lahir di Koto Tuo - Balai Gurah, IV Angkek, Agam, Sumatera Barat pada tahun 1860 dan wafat di Mekkah pada tahun 1916. Beliau dikenal dengan nama lengkap al Allamah asy Syaikhul Ahmad Khatib Rahimahullah bin Abdul Lathif bin Abdurrahman.

Sebagai ulama yang rendah hati, Syekh Khatib Al-Minangkabawi diakui sebagai orang non-Arab pertama yang dipercaya menjadi imam besar di Masjidil Haram, Mekkah. Selain itu, beliau juga terkenal dengan pengetahuannya yang luas dan mendalam di berbagai bidang ilmu agama.

Sayangnya, Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi meninggal dunia pada tanggal 13 Maret 1916 di Mekkah. Namun, warisannya sebagai ulama yang tawadhu dan berdedikasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan agama masih terus dihargai hingga kini. Semoga Allah SWT senantiasa merahmati beliau dan memuliakan derajatnya di sisi-Nya.

3. Syekh Muhammad Yasin Al-Fadani, Ahli Sanad Hadis dan Pendiri Madrasah Darul Ulum al-Diniyyah

Syekh Muhammad Yasin Al-Fadani adalah seorang ulama yang dikenal sebagai ahli sanad hadis, ilmu falak, bahasa Arab, dan pendiri Madrasah Darul Ulum al-Diniyyah di Mekkah. Beliau merupakan putra dari ulama terkenal asal Padang, Sumatera Barat, Syekh Muhammad Isa Al-Fadani.

Editor : Fatiha Eros Perdana

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut