get app
inews
Aa Read Next : Ahmad Sahroni Bagi-bagi THR Lebaran untuk Ribuan Warga Tanjung Priok

Hati-Hati! Kebanyakan Makan Gorengan ketika Lebaran Bisa Sebabkan Jerawat Loh

Minggu, 23 April 2023 | 12:55 WIB
header img
Ilustrasi Jerawat. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewssBekasi.id - Hari Raya Lebaran yang dirayakan bareng keluarga besar memang tak pernah lepas dari beragam sajian makanan. Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsi makanan yang tersedia di meja amakan, salah satunya gorengan.

Sebab, tak hanya buruk bagi kesehatan, tetapi makan gorengnan bisa memengaruhi penampilan kita loh. Mengonsumsi gorengan, diketahui punya keterkaitan dengan jerawat.

Pakar bidang estetika dan antipenuaan dari Perhimpunan Dokter Estetika Indonesia dr Cynthia Jayanto M. Biomed (AAM) menuturkan, berhenti mengkonsumsi gorengan bisa menjadi langkah awal mengatasi jerawat yang timbul terutama saat Lebaran, ditambah rutin mencuci wajah.

"Pertama, mengurangi produksi minyaknya. Nah, ini bisa menghentikan konsumsi dari gorengan dulu, rutin cuci muka dua kali dari mulai beraktivitas hingga selesai beraktivitas," kata dia seperti dilansir dari Antara.

Cynthia yang juga tergabung dalam Perhimpunan Dokter Anti Penuaan, Wellness, Estetik & Regeneratif Indonesia (PERDAWERI) itu mengakui, konsumsi gorengan tidak langsung menyebabkan munculnya jerawat.

Namun mereka yang terus menerus menyantapnya termasuk selama berbuka puasa di Ramadhan dapat menjadi rentan terhadap salah satu masalah kulit yang ditandai benjolan kecil dan terkadang berisi nanah di atas kulit itu.

"Alasannya, gorengan itu tinggi kalori yang membuat indeks glikemik orang akan naik. Efek dari indeks glikemik yang naik akan membuat peningkatan kelenjar minyak lebih banyak sehingga memicu pertumbuhan jerawat," jelas Cynthia.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut