get app
inews
Aa Read Next : PLN Icon Plus Gelar FGD Tren Industri Perbankan dan Keuangan Menghadapi Persaingan Bisnis

Sempat Krisis, Erick Thohir Pastikan Pasokan Batu Bara PLN Aman Sementara Waktu

Kamis, 06 Januari 2022 | 17:44 WIB
header img
Menteri BUMN Erick Thohir pastikan stok batu bara PLN aman (Foto: Okezone.com)

JAKARTA, iNews.id - Menteri BUMN Erick Thohir pastikan pasokan batu bara PT PLN (Persero) aman untuk sementara waktu. Bahkan Perseoran sempat mengalami kelangkaan sumber daya primer itu.

Kendati demikian, Erick menuturkan stok batu bara untuk pembangkit listrik tetap terpenuhi ke depannya. Kepastian tersebut setelah dirinya meminta supaya manajemen PLN memperbaiki struktur pembelian batu bara. Di mana, pengadaan batu bara dengan produsen harus bersifat jangka panjang.

"Apakah kebutuhan batu bara untuk PLN pada saat ini sudah terpenuhi sekarang, yang kemarin belum (terpenuhi) sekarang sudah terpenuhi," ujar Erick di kantor Kementerian BUMN, Kamis (6/1/2022).

PLN sendiri terus berupaya menjaga stabilitas pasokan batu bara agar dapat memenuhi standar minimal 20 HOP (hari operasi) untuk seluruh pembangkit PLN maupun Independent Power Producer (IPP).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan, langkah cepat dan tegas pemerintah sangat membantu PLN dalam memastikan ketersediaan energi primer.

“PLN merasakan kebanggaan luar biasa bahwa dalam menghadapi krisis energi ini kami tidak dalam kesendirian. Seluruh kekuatan bangsa ini bergabung bahu membahu menunjukkan semangat juang dan kekompakan untuk mengatasi permasalahan ini secara permanen,” tutur Darmawan.

Dia menilai, di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dioperasionalisasikan oleh Menteri ESDM dan juga Menteri BUMN, bahkan bersama kementerian lain yang terkait, pemerintah telah mengambil langkah-langkah cepat. Atas kebijakan pemerintah dan dukungan mitra kerja, pasokan batu bara mulai mengalir deras.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut