get app
inews
Aa Read Next : Angkat Bicara soal Kepulauan Maluku Dilelang ke Asing, Mendagri: Tujuannya Bukan Dijual

8 Fakta Menarik Banda Neira, Surga di Timur Indonesia yang Punya Keindahan Alam Luar Biasa

Jum'at, 23 Juni 2023 | 21:36 WIB
header img
Fakta menarik Banda Neira. Foto: celebrities.id/Instagram @rezadivebanda

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Fakta menarik Banda Neira sempat cukup ramai diperbincangkan khalayak karena keindahan alamnya. Banda Neira memang dikenal dengan surga tropis para pelaut mancanegara.

Kekayaan dan keindahan alam Banda Neira bahkan telah lama jadi incaran bangsa Arab, China dan Eropa. Mereka datang untuk mendapatkan rempah-rempah seperti cengkeh dan pala yang sangat bernilai setara emas pada masa itu. Baca Juga

Sebagai informasi,  Banda Neira merupakan salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Maluku, Provinsi Maluku. Wilayah yang terdiri hanya dari 12 desa itu dijuluki sebagai surga dari timur Indonesia.

Sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO, Banda Neira menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya keindahan dan kekayaan alamnya saja, Banda Neira menawarkan beberapa tempat wisata bersejarah yang dapat di kunjungi.

Dilansir dari iNewsMaluku.id, berikut fakta-fakta menarik Banda Neira.

Fakta Menarik Banda Neira

1. Keindahan Banda Neira di Pecahan Uang

Menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, panorama Banda Neira bahkan sempat diabadikan dalam pecahan uang kertas Rp1.000.

2. Penghasil Rempah-Rempah

Pulau Banda Neira juga memiliki nilai historis karena pernah menjadi lokasi pengasingan Wakil Presiden Indonesia pertama Bung Hatta dan Perdana Menteri Indonesia pertama Sutan Sjahrir.

Harga pala kala itu yang setara dengan dengan segenggam emas membuat Banda Neira sempat menjadi rebutan Bangsa Inggris dan Belanda pada masa penjajahan.

3. Tempat Pengasingan

Pulau Banda Neira juga punya nilai historis lanaran pernah jadi lokasi pengasingan Wakil Presiden Indonesia pertama Bung Hatta dan Perdana Menteri Indonesia pertama Sutan Sjahrir.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut