get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Bekasi Jadi Tuan Rumah Penyelanggaraan MTQ ke-38 Jawa Barat

Rahasia di Balik Kata Alhamdulillah dalam Alquran yang Wajib Umat Muslim Ketahui

Rabu, 19 Juli 2023 | 18:53 WIB
header img
Ilustrasi. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Rahasia di balik kata ALhamdulillah dalam Alquran yang wajib diketeahui umat Muslim. Sebagaimana diketahui, Alhamdulillah jadi salah satu kata yang kerap diucapkan kaum Muslimin.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mengajarkan kepada umatnya untuk senantiasa mengucapkan Alhamdulillah dalam berbagai kondisi, baik ketika mendapatkan hal yang baik maupun hal yang buruk.

Namun, apa sebenarnya rahasia di balik kata Alhamdulillah dalam Alquran?

Alhamdulillah merupakan sebuah kata yang muncul dalam surat Al-Fatihah di halaman pertama Alquran dan termasuk ke dalam kalimat tahmid atau kalimat yang berisi pujian kepada Allah SWT.

Dilansir dari buku Shihab & Shihab Edisi Ramadhan melalui Okezone, dijelaskan jika Alhamdulillah terbentuk dari tiga kata, yakni Al yang berarti menunjukan semuanya, lalu Hamdu yang artinya pujian, serta Lillah yang bermakna kepada Allah SWT.

Sehingga Alhamdulillah secara keseluruhan berarti ‘Segala puji bagi Allah SWT’ dan kerap digunakan sebagai salah satu ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut