get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa untuk Wilayah Bekasi dan Sekitarnya

Jadwal Puasa Tasua dan Asyura 2023 Lengkap dengan Bacaan Niatnya

Selasa, 25 Juli 2023 | 12:25 WIB
header img
Ilustrasi puasa Tasua dan Asyura 2023. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Jadwal Puasa Tasua dan Asyura 2023 bisa disimak dalam artikel ini. Kaum Muslimin jangan sampai terlewat mengerjakan, karena keutamaannya luar biasa besar.

Saat memasuki Tahun Baru Islam di bulan Muharram, terdapat puasa sunnah yang sangat dianjurkan yakni puasa Tasua (9 Muharram) dan puasa Asyura (10 Muharram).  

Dihimpun dari Rumaysho.com melalui Okezone, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc mengungkapkan bahwa kaum Muslimin dianjurkan memperbanyak puasa pada bulan Muharram. Berpuasalah sesuai kemampuan, namun yang lebih tepat tidak puasa sebulan penuh selama Muharram.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mendorong umatnya melakukan puasa pada bulan Muharram. Beliau bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

"Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram. Sementara sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam." (HR Muslim nomor 1163, dari Abu Hurairah)

Kemudian dalam riwayat lain, 'Aisyah radhiyallahu 'anhu berkata:

وَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ إِلاَّ رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ فِى شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِى شَعْبَانَ

"Aku tidak pernah melihat Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berpuasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan. Aku tidak pernah melihat beliau banyak puasa dalam sebulan selain pada bulan Syakban." (HR Muslim nomor 1156) 

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut