get app
inews
Aa Read Next : Witan dan Marselino Makan Mi Instan saat TC di Turki, Apa Hukumannya?

Benarkah Mengonsumi Mi Instan Bisa Picu Usus Buntu? Cek Faktanya

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 10:02 WIB
header img
Ilustrasi Mi Instan. Foto: Shutterstock

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Benarkah makan mi instant bisa picu usu buntu? Tak sedikit orang, khususnya orang tua, menanyakan hal ini. Sebab, mi instan merupakan jenis makanan yang begitu disukai anak-anak.

Cita rasanya yang nikmat gurih sering bikin nagih pun disukai semua orang.

Akan tetapi, di luar sana kerap muncul anggapan makan mi instan keseringan bisa memicu radang pada usus buntu. Benarkah demikian?

Melansir situs Johns Hopkins Medicine melalui SINDOnews, Sabtu (12/8/2023), radang usus buntu terjadi saat bagian dalam usus buntu kita tersumbat. Radang usus buntu bisa disebabkan berbagai infeksi seperti virus, bakteri, atau parasit pada saluran pencernaan.

Radang usus buntu juga bisa terjadi saat saluran yang menghubungkan usus besar dan usus buntu tersumbat atau terperangkap tinja. Juga terkadang tumor pun bisa menyebabkan radang usus buntu.

Usus buntu lalu jadi sakit dan bengkak. Pasokan darah ke usus buntu berhenti lantaran pembengkakan dan rasa sakit semakin parah. Tanpa aliran darah yang cukup, usus buntu mulai mati. Usus buntu bisa pecah atau mengembangkan lubang maupun robekan di dindingnya, yang memungkinkan tinja, lendir, dan infeksi bocor serta masuk ke dalam perut sehingga menyebabkan infeksi yang serius.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut