get app
inews
Aa Read Next : Asal Usul Pondok Gede, Wilayah Bekasi yang Sering Disebut Masuk Jakarta

Sejarah Kampung Mati Vietnam di Kramat Jati, Sempat Beralih Fungsi Jadi Panti Jompo

Sabtu, 30 September 2023 | 08:00 WIB
header img
Sejarah Kampung ‘Mati’ Vietnam. Foto: YouTube

JAKARTA, iNewsBekasi.id - Sejarah Kampung Mati vietnam menarik untuk diulas. Tempat ini pun adi salah satu lokasi yang sering dianggap kanker dan menyeramkan.

Kampung Vietnam ini adalah sebuah perkampungan yang berada di Kramat Jati, Jakarta Timur. Dalam riwayatnya, tempat tersebut memiliki sejarah panjang yang menarik untuk diulik lebih lanjut.

Pada teori yang populer, Kampung Vietnam ini dulunya disebut sebagai tempat pengungsian tentara Vietnam. Setelahnya, lokasi tersebut juga sempat beralih fungsi menjadi panti jompo.

Lantas, bagaimana sebenarnya sejarah dari Kampung “Mati” Vietnam ini?

Mengutip informasi dari salah satu video di kanal Youtube RCTI Infotainment yang tayang pada 24 September 2019 melalui SINDONews, kampung tersebut dulunya pernah dimanfaatkan sebagai tempat pengungsian orang Vietnam pada tahun 70-an hingga awal 80-an, sebelum akhirnya mereka dipindahkan ke Pulau Bintan.

Informasi tersebut disampaikan seorang penjaga bangunan yang telah lama bertugas di Kampung Vietnam, yaitu Lili Sarwiji.

“Ini dulu itu tempat penampungan orang jompo, bisa dikatakan juga tempat penampungan orang vietnam juga.”

“Kemudian, tahun 81 itu Vietnam persisnya di bulan Agustus dipindahkan ke Pulau Bintan. Kemudian, tinggal orang panti jomponya.” kata Lili Sarwiji.

Editor : Eka Dian Syahputra

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut