get app
inews
Aa Read Next : Respons Cepat PLN Icon Plus, Normalisasi Jaringan Telekomunikasi di Rancaekek

Tabrakan Kereta Turangga-Commuter Line di Bandung, 2 Masinis Dikabarkan Tewas

Jum'at, 05 Januari 2024 | 09:30 WIB
header img
Kereta Api Turangga dan Commuter Line Bandung Raya terlibat tabrakan di Cicalengka, Kabupaten Bandung. Foto/Istimewa

BEKASI, iNews.id- Dua masinis dikabarkan tewas dalam tabrakan kereta di Jalan Petak Haurpugur-Cicalengka, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jumat (5/1/2024). Tabrakan ini melibatkan Kereta Api Turangga dan Commuter Line Bandung. 

Dikabarkan dua masinis tewas akibat terjepit di antara gerbong yang bertabrakan. Selain 2 masinis, kecelakaan kereta tersebut juga menyebabkan 1 kondektur tak sadarkan diri. 

Namun informasi yang beredar di lapangan terkait korban jiwa ini belum mendapat konfirmasi resmi dari PT KAI Daop 2 Bandung dan instansi terkait. 

"Selamat pagi komandan ijin melaporkan telah terjadi kecelakaan antara KA Turangga dan KA commuter line 350 pada jam 06.03 di km 181+5/4 antara KA Turangga dari arah Surabaya Gubeng dengan tujuan akhir Bandung & commuter dari arah Padalarang dengan tujuan Cicalengka, total gerbong commuter yang anjlok 3 gerbong dan total KA turangga yang anjlok 8 gerbong demikian laporan sementara masinis yang meninggal 2 orang KRD & 1 kondektur tidak sadarkan diri," tulis sebuah laporan yang beredar.

Diketahui, kereta yang bertabrakan pada pukul 06.30 WIB itu adalah KA Turangga 65 jurusan Gubeng, Surabaya tujuan Bandung dengan kereta Commuter Line Bandung Raya jurusan Padalarang-Cicalengka.

Dalam foto dan video yang beredar, tampak gerbong kereta yang bertabrakan remuk. Sejumlah warga terlihat berdatangan ingin melihat dari dekat kecelakaan tersebut.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung Ayep Hanapi membenarkan peristiwa tersebut.

"Betul, kejadian pukul 06.30 Wib di petak jalan Cicalengka-Haurpugur antara KA Turangga dengan KA lokal," kata Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Jumat (5/1/2024).

Ayep Hanafi menyatakan belum dapat memastikan apakah terdapat korban jiwa atau tidak dalam kecelakaan kereta tersebut. "Belum, masih belum dipastikan ada korban," ujar Ayep Hanafi.

Ayep Hanafi menuturkan saat ini tengah menuju lokasi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. "Nanti dikabari lagi," tutur Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung.

Kecelakaan kereta api (KA) terjadi di petak Jalan Haurpugur-Cicalengka Km 181+700 antara KA 350 Commuterline Bandung Raya dengan Pib 65A Turangga, Jumat (5/1/2024). Kedua kereta bertabrakan adu bagong pada pukul 06.30 WIB.

"KKA (kecelakaan kereta api) KA 350 (CL BD Raya) dengan Plb 65A (Turangga) Jumat 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB. Lokasi petak Jalan Haurpugur-Cicalengka. Uraian jam 06.03 WIB terima laporan Asp Plb 65A (Turangga) terjadi KKA dengan KA 350 (CL Bandung Raya) di Petak Jalan Haurpugur Km 181+700," tulis Info Lintas Daop 2 Bandung.

Kecelakaan kereta ini masih dalam penyelidikan PT KAI Daop 2 Bandung untuk mengetahui penyebabnya. Daop 2 Bandung juga berkoordinasi dengan unit terkait.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut