get app
inews
Aa Read Next : Razia di Lapas Cikarang, Petugas Temukan Senjata Tajam hingga Korek Gas

Pj Bupati Bekasi Terbitkan Surat Edaran Kesiapsiagaan Bencana Hidrometeorologi

Sabtu, 13 Januari 2024 | 16:04 WIB
header img
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdani. Foto/Istimewa

BEKASI, iNews.id- Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menerbitkan surat edaran kesiapsiagaan terhadap bencana hidrometeorologi selama Januari hingga Maret 2024. Hal itu, mengantisipasi dampak cuaca ekstrem awal tahun ini.

Dalam Surat Edaran No. BC.03.01/SE-04/BPBD tersebut, Pj Bupati Bekasi menginstruksikan kepada kepala perangkat daerah terkait, camat, lurah, dan kepala desa se-Kabupaten Bekasi untuk mengambil langkah antisipasi, dengan mengaktifkan posko-posko siaga bencana di wilayah masing-masing. 

"Para camat, lurah dan kepala desa juga diminta untuk melakukan koordinasi dengan dinas terkait, instansi vertikal, dan organisasi masyarakat yang membidangi kebencanaan, saat persiapan dan saat menghadapi bencana," kata Dani dalam keterangan resminya, Sabtu (13/1/2024).

Dani mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan informasi cuaca, melalui media elektronik maupun media sosial. 

Dani juga meminta dinas terkait, camat, lurah, dan kepala desa untuk meningkatkan upaya mitigasi, seperti membersihkan saluran air, normalisasi sungai, mempersiapkan jalur evakuasi, dan mempersiapkan tempat pengungsian yang aman bagi warga yang terdampak bencana.

Dalam surat edaran yang diterbitkan tanggal 10 Januari 2024 itu, Dani meminta untuk mempersiapkan sarana dan prasarana, sumber daya pendukung yang ada di wilayah kecamatan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi. 

"Surat edaran tersebut diterbitkan menindaklanjuti surat edaran Pj Gubernur Jawa Barat perihal antisipasi dampak cuaca ekstrem awal tahun 2024, dan tindak lanjut surat Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," ucapnya.

Editor : Wahab Firmansyah

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut