get app
inews
Aa Read Next : Air Kiriman dari Bogor, Sejumlah Permukiman di Bekasi Terendam Banjir

Proyek Pengendalian Banjir Kali Bekasi Tahap 1 Selesai Juni 2024

Senin, 18 Maret 2024 | 21:15 WIB
header img
Pejabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin meninjau proyek pengendalian banjir Kali Bekasi di Perumahan Kemang Pratama, Rawalumbu, Kota Bekasi, pada Senin (18/3/2024) siang.

BEKASI, iNewsBekasi.id- Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengumumkan, proyek pengendalian banjir Kali Bekasi tahap I rampung pada bulan Juni 2024. Hal ini disampaikan Bey saat melakukan peninjauan proyek tersebut di Perumahan Kemang Pratama, Rawalumbu, Kota Bekasi, pada Senin (18/3/2024) siang.

"Hari ini kami meninjau proyek pengendalian banjir Kali Bekasi. Tahap I akan selesai pada Juni 2024, namun masih ada beberapa lahan yang perlu dibebaskan," kata Bey kepada awak media di lokasi, Senin (18/3/2024).

Menurut Bey, terkait proses pembebasan lahan saat ini telah memasuki tahap administrasi di Badan Pertanahan Negara (BPN). Untuk memastikan prosesnya tepat waktu, pihaknya berencana bertemu dengan Kanwil BPN Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala BBWSCC, Bambang Heri menjelaskan, proyek pengendalian banjir Kali Bekasi tahap I memiliki panjang 11,4 kilometer, mulai dari Bendung Koja Jatiasih di hulu hingga Kemang Pratama, Rawalumbu. "Pondasi tanggulnya menggunakan bored pile, dengan parapet beton sebagai penahan," ujar Bambang.

Selain tanggul, proyek ini juga mencakup pembangunan saluran kolektor, kolam retensi, dan kompa. Harapannya, proyek ini dapat mengurangi risiko bencana banjir akibat meluapnya Kali Bekasi yang sering melanda sejumlah permukiman di Kota Bekasi. "Infrastruktur ini cukup kuat untuk menahan banjir dengan periode ulang 50 tahun," tandasnya.

Editor : M Hary Fauzan

Follow Berita iNews Bekasi di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut